Manfaat dan Efek Samping Magnesium Malate

Loading...

magnesium malate capsulesMagnesium malat mungkin terdengar sedikit asing untuk Anda. Magnesium malat adalah suplemen mineral yang berasal dari garam magnesium dari asam malat.

Magnesium malat memiliki banyak fungsi dan manfaat untuk kebutuhan biologi tubuh manusia seperti menjaga jantung agar tetap sehat dan membantu pembentukan saraf, tulang, dan otot.

Dalam magnesium malat dapat ditemukan banyak bahan-bahan lain seperti magnesium stearat, asam stearat, dan selulosa. Kandungan inilah yang membuat magnesium malat dapat dijadikan salah satu suplemen makanan yang sempurna untuk Anda yang vegetarian. Dipastikan bahwa magnesium malat tidak mengandung unsur hewani sehingga sangat baik untuk Anda yang ingin melakukan diet.

Magnesium malat saat ini sudah dapat Anda temukan secara alami tanpa harus membeli suplemennya. Magnesium malat juga terdapat dalam beberapa jenis bahan makanan seperti pisang, ikan, yoghurt, artichoke, biji-bijian, almond, kacang hitam, kacang tanah, dan kacang mete.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengkonsumsi magnesium malat ini, berikut beberapa manfaat kesehatan magnesium malat yang akan kami bagikan untuk Anda.

READ:  Penyebab dan Cara Mengatasi Wasir

1. Membuang Aluminium dari Tubuh

Mengkonsumsi mineral secara berlebihan akan berbahaya untuk kesehatan Anda dan fungsi organ tubuh Anda. Misalnya saja aluminium yang termasuk dalam salah satu mineral berbahya karena dapat mengakibatkan kerusakan otak, disfungsi ginjal bahkan kanker payudara.

Karena itu untuk mengatasi aluminium yang berlebihan, Anda dapat mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium malat.

Mineral ini akan membantu mengikat aluminium dalam tubuh dan membuangnya, sehingga dalam proses detoksifikasi akan berjalan lancar dan memungkinkan untuk pertumbuhan sel-sel saraf yang sehat.

2. Memproduksi Energi

Magnesium malat juga dapat membantu dalam pembentukan adenosin trifosfat (ATP), yang merupakan nukleotida dalam penyimpanan energi dalam jaringan otot dan menjadi sumber energi sel. Selain itu energi yang dihasilkan dari magnesium malat juga berguna dalam mengobati fibromyalgia dan sindrom kelelahan kronis.

Jadi, untuk Anda yang termasuk atlit atau binaragawan dapat menggunakan suplemen magnesium malat untuk lebih memaksimalkan produksi energi.

3. Relaksasi Otot

Magnesium malat  telah diketahui dapat mengendurkan otot yang tegang dan sering digunakan untuk mengobati sakit kepala, kram rahim, dan ketidaknyamanan otot secara umum.

READ:  Beragam Khasiat Buah Apel Bagi Kesehatan

4. Pencegahan Batu Ginjal

Menurut Urology Channel, orang yang tidak mendapatkan cukup asupan magnesium dalam diet akan sangat rentan untuk terkena pembentukan batu ginjal. Karena itu dengan mengkonsumsi magnesium malat yang cukup dengan kebutuhan harian tubuh akan lebih membantu untuk terhindar dari batu ginjal.

5. Diabetes

Sebuah artikel “Journal of Medicine Gizi” menunjukkan bahwa kebanyakan pasien yang menderita diabetes diketahui mengalami kekurangan dalam asupan magnesium malat  dalam tubuh mereka. Magnesium malat dibutuhkan karena dapat membantu memulihkan tingkat normal magnesium dalam tubuh.

Efek Samping

Mengkonsumsi magnesium malat secara berlebihan dapat menyebabkan diare dan sakit perut. Untuk Anda yang memiliki masalah kesehatan seperti kembung atau diare sebelumnya, hindari  magnesium malat karena asam malat dan magnesium dapat menyebabkan masalah usus yang serius.

Magnesium malat sendiri memiliki efek samping untuk wanita hamil, anak-anak  dan menyusui. Karena itu untuk Anda yang menyusui atau sedang dalam masa kehamilan disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli kesehatan atau dokter yang bersangkutan sebelum mengkonsumsi magnesium malat.

READ:  Penyakit Mental dapat Memperpendek Hidup

 (foto: blog.trilighthealth.com)