Manfaat Kesehatan Dari Buah Sawo

Loading...

manfaat buah sawoBuah sawo terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Buah sawo adalah tanaman yang dapat hidup di lingkungan atau daerah yang beriklim tropis, contohnya Indonesia yang merupakan salah satu negara yang bisa ditumbuhi tanaman tropis secara alami.

Buah ini memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh karena mengandung kalsium, besi dan juga kaya akan serat. Buah sawo juga memiliki rasa yang unik dan menyegarkan serta manis dan lezat.

Penasaran apa saja manfaat dari buah sawo untuk kesehatan tubuh?

1. Kaya Serat

Sawo adalah buah yang memiliki kandungan kaya akan serat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk pencernaan. Selain itu juga dapat mengobati sembelit dan juga mampu mencegah terjadinya kanker usus.

2. Mengandung Zat Tanin dan Antioksidan

Buah sawo juga dikenal sebagai buah yang memiliki zat tanin, antioksidan dan senyawa polifenol.

Kandungan zat ini sangat berguna bagi tubuh manusia yaitu sebagai antiparasit, antivirus, dan anti-bakteri yang dapat menyerang kulit Anda.

3. Mengandung Vitamin A dan C

Buah sawo memiliki kandungan vitamin yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Buah ini diketahui mengandung vitamin A dan vitamin C.

READ:  Trik Agar Bangun Segar di Pagi Hari

Di mana sesuai dengan fungsinya, vitamin A berperan dalam menjaga kesehatan mata dan kulit sedangkan vitamin C berguna untuk membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam menangkal radikal bebas.

4. Berfungsi sebagai Ramuan

Disamping dapat dikonsumsi secara langsung, buah sawo juga dapat diubah menjadi ramuan yang berfungsi untuk menyembuhkan disentri.

Caranya, ambil buah sawo muda, lalu haluskan. Setelah itu campur dengan garam secukupnya. Konsumsi sebanyak 2 kali sehari secara teratur.

5. Daun Sawo sebagai Obat

Tidak hanya buah sawo yang sangat berguna, daun dari buah sawo pun dapat digunakan sebagai obat. Daun dari buah sawo dapat digunakan sebagai agen anti-inflamasi oral.

Caranya, ambil daun buah sawo lalu cuci hingga bersih, kemudian rebus sekitar 10 menit. Setelah itu, didihkan dengan menggunakan air mendidih lalu gunakan sebagai obat kumur.

**

Demikian manfaat kesehatan dari buah sawo untuk Anda. Buah yang mudah ditemukan di negara tropis ini juga dapat Anda beli secara murah, disamping itu rasa yang diberikanpun lezat.

READ:  6 Tips Merawat Tangan

Namun, untuk Anda yang menderita diabetes, disarankan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi buah ini karena sawo memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Semoga bermanfaat.

(foto: naraprada.wordpress.com)