Cara Mempercantik Teras Rumah dengan Dekorasi Tanaman Gantung

Loading...

tanaman pot gantung di terasTeras rumah sejak dulu sudah dianggap sebagai tempat nyaman yang sering digunakan untuk berkumpul bersama keluarga.

Apalagi saat sore hari tiba, bercanda bersama keluarga sambil menyeruput teh hangat di teras rumah akan menjadi sangat menyenangkan.

Maka dari itu tidak ada salahnya untuk lebih mempercantik area teras rumah ini. Salah satu cara yang paling mudah dan tentunya murah adalah dengan menempatkan tanaman pot gantung sebagai penghias.

Namun perawatan dan penempatan tanaman gantung tidak bisa asal-asalan, karena ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Berikut adalah tips bermanfaat untuk Anda:

1. Pemilihan Pot Gantung

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah memilih pot yang sesuai dengan selera Anda. Pot tanaman gantung terdiri dari berbagai macam bahan dan bentuk.

Anda bisa membeli pot yang terbuat dari plastik, tanah liat atau bahkan anyaman tambang, pot seperti ini banyak dijual di pasar swalayan. Namun harus Anda ketahui bahwa perawatan pot akan berbeda sesuai dengan jenisnya masing-masing, terutama saat Anda menyiram tanaman.

READ:  4 Tips Mudah Mendekorasi Rumah Kecil

2. Pemilihan Tanaman Gantung

Pilihlah jenis-jenis tanaman yang Anda sukai. Segala jenis tanaman yang tumbuh di tanah, umumnya juga bisa tumbuh di pot gantung. Akan lebih baik jika Anda memilih tanaman-tanaman panjang yang menjuntai seperti pakis, pothos, sukulen atau juga tanaman merambat seperti geranium dan petunia.

Tanaman seperti ini akan terlihat lebih menarik di teras Anda. Jangan memilih tanaman dengan akar ekstensif seperti jenis-jenis semak dan pohon karena dapat merusak tembok rumah Anda.

3. Kenali Pola Saluran Air

Sangat penting untuk mengenali pola saluran air dalam pot gantung Anda. Bila Anda menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat, sebaiknya tambahkan kerikil, potongan atau pecahan genting, agar dapat memberikan ruang untuk air mengalir sehingga tidak membuat akar tanaman menjadi busuk.

Setelah memasukkan kerikil, masukkan tanah dan kemudian tanaman.

4. Penyiraman Tanaman Gantung

Siram tanaman Anda secara teratur, tanah yang terdapat dalam tanaman pot gantung cenderung lebih cepat kering, maka dari itu siramlah dua atau tiga kali sehari.

READ:  Pengaruh Warna Cat Terhadap Suasana Hati

5. Pemupukan Tanaman Gantung

Jangan lupa berikan pupuk. Disarankan untuk memberikan pupuk secara teratur setiap bulan.

Biasanya, tanaman bunga memerlukan pemupukan yang lebih sering dibandingkan jenis tanaman lainnya. Namun Anda harus memastikan takaran dan cara pemupukan yang tepat.

**

Nah, setelah itu Anda bisa metakkanlah pot-pot gantung Anda di tepi-tepi teras rumah. Jangan sampai tanaman itu mengganggu area pintu masuk atau area dengan intensitas lalu lintas penghuni yang tinggi. Dengan tanaman bunga ini, teras Anda akan terlihat lebih indah dan menarik.

Selamat mencoba.

(foto: accdiy.com )