6 Manfaat Penting Bayam bagi Kesehatan Tubuh

Loading...

manfaat bayamBila mendengar kata bayam maka yang selalu teringat di pikiran kita adalah kisah film kartun popeye yang menjadikan bayam sebagai makanan favoritnya.

Popeye akan mendapatkan energi ekstra untuk bertarung dengan Brutus ketika telah makan bayam.

Bayam yang memiliki nama latin Amaranthus sp ini sangat mudah ditemukan di Indonesia dengan harga yang terjangkau. Tanaman yang berasal dari Amerika tropik ini biasanya dijadikan sayuran untuk pelengkap menu makanan sehari-hari di rumah.

Nah apa saja manfaat bayam bagi manusia? Benarkah dapat memberikan energi ekstra untuk kita?

1. Melawan sel kanker

Perkembangan sel kanker di dalam tubuh dapat dicegah hingga 34% dengan memperbanyak konsumsi bayam, sebab di dalam sayur bayam mengandung Vitamin A, C, serat, asam flat dan 13 flavonoid. Dengan banyak mengkonsumsi bayam maka resiko terkena kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim dan kanker kulit dapat diminimalisir.

2. Mengurangi resiko penyakit jantung

Bayam adalah salah satu sumbar flat yang baik, sehingga dapat mengurangi himosistein (asam amino yang ditemukan di dalam darah).

READ:  Manfaat Tidur Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Kulit

Himosistein yang tinggi di dalam Dar dapat menjadi penyebab tingginya resik terkena penyakit jantung. Selain itu bayam juga mengandung choline dan inositol yang berperan untuk mencegah pengerasan pada pembuluh darah.

3. Mencegah osteoporosis

Di dalam sayur bayam mengandung vitamin K yang sesuai untuk kebutuhan harian manusia untuk mencegah pengeroposan tulang. Selain itu juga mengandung mineral seperti magnesium, fosfor, tembaga dan seng untuk membantu tulang menjadi lebih kuat.

4. Mencegah penyakit diabetes

Penyakit diabetes dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi sayur bayam sebab daun bayam dapat membantu menstabilkan gula darah kita.

5. Menjaga kesehatan usus

Kesehatan pencernaan dapat dijaga dengan banyak mengonsumsi bayam. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C dan beta – karoten di dalam bayam dapat membantu melindungi sel – sel usus dari radikal bebas yang berbahaya.

Folat yang terdapat pada bayam juga berperan untuk mencegah terjadinya kerusakan gen dan mutasi pada sel – sel usus.

6. Mencegah anemia

Anemia adalah gejala kurang darah yang sering dialami oleh wanita terutama yang telah mengalami masa menstruasi. Kandungan zat besi cukup tinggi terdapat pada sayuran ini dibandingkan jenis sayuran lainnya, zat besi berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh.

READ:  6 Manfaat Hebat Mengonsumsi Bayam Secara Rutin

**

Setiap 100 gram bayam mengandung 22 KKal energi. Ternyata selain berenergi juga daun bayam mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia.

(foto : mediabidan.com)