Cara Hidup Sehat bagi Penderita Sakit Maag

Loading...

nyeri lambungPenyakit maag atau biasa disebut tukak lambung adalah penyakit yang terjadi akibat adanya luka yang terjadi pada lambung.

Penyakit maag tidak dapat dianggap remeh. Tanda – tanda orang yang terkena maag biasanya mengalami sakit dan nyeri pada lambung, perut kembung dan biasanya juga disertai oleh mual.

Ada beberapa golongan sakit maag, ada maag ringan, maag sedang, maag kronik dan bahkan dapat menyebabkan kanker lambung. Penyakit maag lebih dominan disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat.

Nah, bagi anda yang memiliki gejala sakit maag, berikut ini adalah cara hidup sehat agar maag tidak semakin parah.

1. Hindari makanan pedas

Makanan pedas seperti cabe atau merica dapat mengiritasi lambung kita sehingga menyebabkan luka.

Secara alami tubuh dapat mentolerir iritasi tersebut tetapi bila terlalu banyak maka kemampuan tubuh mengatasinya akan menurun sedikit demi sedikit. Karena itu sebaiknya porsi makanan pedas dikurangi.

2. Kurangi makanan asam

Makanan asam seperti cuka dan buah yang memiliki rasa asam sebaiknya tidak dikonsumsi lagi, sebab makanan tersebut dapat memicu peningkatan asam lambung yang dihasilkan tubuh.

READ:  7 Penyebab Utama Serangan Jantung

Jika asam lambung meningkat maka lambung akan terasa perih dan maag kambuh lagi.

3. Makan makanan yang mudah dicerna

Dalam memilih makan sehari – hari sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Sebab bila makanan tersebut sulit untuk dicerna maka kerja lambung menjadi lebih berat.

Beberapa contoh makanan yang sulit dicerna adalah makanan yang mengandung lemak tinggi, keju,  dan cokelat.

4. Mengkonsumi kentang

Kentang adalah sayuran yang mengandung banyak karbohidrat. Kentang dapat memberikan fungsi ganda.

Selain dapat mengenyangkan lebih lama juga dapat berperan untuk menetralkan asam lambung di dalam tubuh.

5. Mengunyah makanan lebih lama

Cara makan yang benar dan sehat adalah dengan mengunyah makanan lebih lama antara 30 – 40 kali untuk 1 suap makanan. Hal ini bertujuan untuk membuat makanan menjadi lebih halus sehingga meringankan beban lambung untuk melumatkan bahan makanan.

Jika makanan yang masuk ke dalam lambung sudah dalam keadaan sangat halus maka asam lambung yang dikeluarkan hanya sedikit sehingga mencegah perih pada lambung.

READ:  5 Tips dan Cara Agar Lambung Selalu Sehat

6. Kurangi minuman bersoda

Minuman bersoda sifatnya sangat asam sehingga dapat meningkatkan asam lambung. Selain itu efek karbonasi dari minuman bersoda dapat menyebabkan perut menjadi kembung.

7. Hindari makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng memiliki rasa yang lebih nikmat. Namun ternyata kandungan lemak yang terdapat pada makanan gorengan sangat tinggi sehingga sulit untuk dicerna lambung dan pada akhirnya meningkatkan beban kerja lambung.

**

Demikianlah 7 cara hidup sehat bagi penderita sakit maag. Dengan mengikuti pola hidup sehat secara teratur maka penyakit maag dapat dicegah kambuh kembali.

(foto : kfreak.blogspot.com)