7 Manfaat Mengejutkan dari Minum Kopi

Loading...

manfaat minum kopiApakah Anda seorang pecinta kopi? Anda senang bangun pagi dengan keinginan menghirup aroma kopi? Pernahkah Anda mendengar banyak hal negatif tentang kopi sehingga Anda ingin berhenti mengosumsinya?

Setiap Anda bagun pagi dengan rasa lelah dan masih mengantuk, kopi dibutuhkan oleh tubuh Anda sehingga tetap terjaga. Kopi memberikan energi baru dan menjernihkan pikiran sehingga Anda dapat berkonsentrasi dalam bekerja.

Tapi, apakah Anda tahu ada manfaat lainnya dari minum kopi yang belum Anda ketahui? Berikut 7 manfaat yang mengejutkan dari minum kopi.

1. Membantu mencegah penyakit

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Harvard menunjukkan bahwa meminum 1 sampai 3 cangkir kopi setiap hari dapat bermanfaat bagi kesehatan dan mengurangi resiko diabetes secara signifikan. 6 cangkir kopi atau lebih dapat mengurangi lebih banyak resiko.

Penelitian ini juga menyebutkan pembentukan penyakit Parkinson dapat menurun hingga 80% dan resiko kanker usus dapat dikurangi sebesar 25%.

Selain itu, penelitian ini mengungkapkan perempuan yang meminum 4 cangkir atau lebih dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara hingga 40%.

2. Meningkatkan Produtivitas

Kopi memberikan Anda energi untuk meningkatkan kinerja menjadi lebih baik. Sebelum melakukan olahraga, Anda dapat meminum secangkir kopi. Kopi ini akan melepaskan endorfin dalam tubuh selama beberapa menit.

READ:  3 Manfaat Sehat Kopi

Suasana hati akan menjadi lebih baik yang mendorong Anda untuk bekerja ke luar rumah. Kopi membantu Anda bekerja lebih lama dan lebih rajin.

3. Memberikan Kesehatan yang Lebih Baik

Secangkir kopi memiliki lebih dari seribu antioksidan yang penting bagi kesehatan.

Anti oksidan menurunkan peradangan yang disebabkan oleh arthritis dan menyingkirkan racun yang menjadi penyebab kanker. Kopi juga mampu menetralisir radikal bebas,

4. Memperpanjang umur

Sebuah studi yang dilakukan oleh National Cancer Institute mengungkapkan mereka yang lebih sering minum kopi bisa memiliki hidup yang lebih lama daripada yang jarang minum kopi.

Alasan dibalik teori ini tidak jelas, namun banyak ilmuwan yang mengklaim itu karena antioksidan yang ditemukan secara alami di dalam kopi.

Kopi juga dapat mengurangi keseringan ngemil yang tidak sehat dan dapat menggantikan rokok. Hal-hal ini berkontribusi bagi hidup yang lebih panjang.

5. Membuat Lebih Smart

Kopi tidak hanya membuat Anda tetap terjaga, namun juga bisa membuat Anda lebih pintar.

READ:  5 Manfaat Kopi untuk Kecantikan

Kafein, yang merupakan bahan utama kopi, adalah stimulan yang disebut komponen psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia saat ini untuk membantu peningkatkan kinerja otak. Kafein menyumbat efek dari neurotransmitter inhibisi yang disebut edenosin.

Penyumbatan ini meningkatkan penembakan neuron di dalam otak dan penyebabkan pelepasan neurotransmitter jenis lain. Akibatnya, kinerja otak meningkat dan suasan hati menjadi lebih baik.

Konsumsi kopi secara teratur membantu Anda melepaskan diri dalam problem kejiwaan dan meningkatkan kemampuan kognitif. Suatu studi lain mengatakan bahwa kopi meningkatkan kemampuan berpikir dan keterampilan memecahkan masalah.

6. Baik untuk Liver

Kafein di dalam kopi membantu hati untuk mengatur dirinya sendiri.

Mengkosumsi kopi secara rutin dapat mengurangi resiko terkenan sirosis hati, kanker hati atau bahkan gagal hati. Hal ini juga mengurangi resiko sirosis alkoholik.

7. Mengurangi resiko asam urat

Penyakit asam urat sangat menyakitkan dan bisa terjadi pada siapa saja dengan segala usia. Sendi terasa sakit sehingga penderita kesulitan bergerak.

Mengkosumsi kopi dapat mengurangi rasa sakit dan menenangkan penderita. Anti oksidan di dalam kopi mengurangi insulin sehingga kadar asam urat di dalam tubuh dapat diturunkan.

READ:  Asal Mula Istilah Bedah Caesar

***

Demikianlah 7 manfaat kesehatan dari minum kopi secara rutin. Namun, banyak orang yang masih menganggap minum kopi justru memicu penyakit.

Sebenarnya bukan kopi yang mendatangkan penyakit, tapi 1-3 sendok gula yang Anda sering tambahkan ke dalam kopi. Ini adalah kebiasaan orang Indonesia, mencampurkan kopi dan gula.

Jadi, minumlah kopi tanpa gula untuk mendapatkan manfaat kesehatan kopi.

(foto: kimtrading.co.uk)