6 Makanan yang Membantu untuk Tidur Lelap di Malam Hari

Loading...

tips tidur lelapOrang dewasa memerlukan rata-rata 7-8 jam tidur per hari. Namun, banyak orang yang susah tidur pada malam hari, dan imsomnia ini mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.

Masalah kesehatan yang berhubungan dengan kurang tidur cukup banyak, mulai dari penurunan sistem kekebalan tubuh, penuaan diri, berat badan dan meningkatkan resiko penyakit jantung.

Untungnya, Anda dapat memperbaiki tidur malam Anda tanpa menggunakan pil atau suplemen berbahaya, karena rahasianya terletak dalam diet Anda.

Di sini Anda akan menemukan 6 makanan untuk membuat tidur Anda lebih lelap pada malam hari.

1. Havermut

Harvemut adalah camilan sebelum tidur yang kaya akan karbohidrat, yang merangsang produksi alami serotonin, yakni neurotransmitter yang menyenangkan suasana hati dan membuat Anda merasa lebih bahagia. Havermut dicerna lebih lambat oleh tubuh yang akan membuat Anda tetap kenyang ketika tidur.

Salah satu alasan kurang tidur malam adalah bangun tengah malam karena lapar dan berjalan ke lemari es untuk mengambil makanan. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda mengosumsi semangkuk oatmeal satu jam sebelum tidur.

READ:  6 Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Mimpi Buruk

2. Buncis

Hanya sedikit orang yang tahu bahwa buncis yang lezat mengandung banyak vitamin B6 yang penting untuk produksi melatonin. Singkatnya, melatonin adalah hormon yang bertanggung jawab dengan tidur.

Jika tidak diproduksi dengan benar, Anda tidak akan berhasil tertidur. Buncis merangsang produksi melatonin sehingga membantu Anda tertidur lebih cepat dan tetap tidur sampai pagi.

3. Pisang

Pisang digunakan sebagai obat tidur alami karena juga meningkatkan kadar serotonin dan melatonin. Selain itu, buah lezat ini juga dikenal sebagai relaksan otot alami yang membantu tubuh Anda merasa lebih santai sehingga siap untuk tidur secara cepat, efiesien dan alami.

Segelas jus pisang saat perut kosong pada sore hari tentu akan membuat Anda lebih lelap pada malam harinya.

4. Benih dan kacang-kacangan

Benih dan kacang memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang tidak hanya memperkuat jantung, tetapi juga kaya akan omega-3 asam  yang dikenal dapat memperbaiki mood secara alami dan tanpa efek samping.

Juga sebagai sumber terbaik antioksidan. Secangikir kecil almond dan biji-bijian yang dikonsumsi tepat sebelum tidur akan membantu Anda tidur lelap seperti bayi.

READ:  6 Kebiasaan Yang Bisa Menyebabkan Stres

5. Relaxing Tea

Beberapa jenis teh memiliki efek penenang yang ringan yang cocok untuk mereka yang stres sehingga mengalami kesulitan tidur. Peppermint, teh herbal atau teh chamomile bisa membuat Anda lebih relax sehingga mudah tertidur.

6. Kentang

Kentang yang digoreng atau dipanggang tidak hanya lezat, tetapi juga merupakan sumber dari tryptophan (hormon yang menginduksi tidur) yang memiliki efek menenangkan tubuh dan pikiran Anda.

Jika Anda tidak ingin makanan berminyak, Anda sebaiknya makan kentang rebus sebagai makan malam Anda.

***

Itulah 6 jenis makanan yang bisa membuat tidur Anda lebih lelap pada malam hari. Dengan tidur yang lelap, Anda berkesempatan untuk menikmati kualitas hidup yang lebih baik.