7 Cara Sederhana Menjadi Super Produktif dalam Pekerjaan

Loading...

tips kerja produktifApakah Anda merasa produktivitas Anda naik-turun dan pada akhirnya Anda merasa begitu banyak yang belum Anda capai? Apakah Anda selalu merasa sibuk seperti lebah pekerja?

Jika Anda merasa demikian, Apakah Anda berpikir bahwa Anda seproduktif lebah? Apakah Anda ingin memiliki 30 jam, bukan 24 jam? Apakah waktu demikian berhaganya untuk Anda?

Jika Anda menjawab, iya, berarti Anda memerlukan 7 tips di bawah ini untuk menjadi lebih produktif, namun dengan cara yang simple.

1. Membuat Catatan Pembagian Waktu

Tuliskan semua waktu yang Anda habiskan untuk kegiatan Anda sehari-hari. Lalu, catat rencana kegiatan-kegiatan tersebut selama satu minggu ke depan dan waktu yang diperlukan untuk mengerjakan satu kegiatan secara terjadwal.

Jangan melanggar jadwal yang Anda buat jika tidak benar-benar terpaksa. Identifikasi cara-cara lain yang bisa membuat Anda lebih efisien dalam membagi waktu.

2. Jangan Mengerjakan Multi Tugas, Anda Tidak Bisa Menjadi Superman

Penelitian menunjukkan bahwa melewatkan satu tugas ke tugas berikutnya lebih dari 10 kali dalam sehari akan membuat Anda bodoh.

READ:  7 Cara Membangun Karir dan Passion

Ketika Anda banyak tugas, IQ Anda berkurang rata-rata 10 poin, lima poin untuk wanita dan 15 poin untuk pria. Hindari berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan berikutnya.

Berkonsentrasilah hanya pada beberapa tugas setiap hari dan fokuslah menyelesaikannya.

3. Hindari Semua Gangguan

Email, pesan instan (IM), pesan teks dan situs jejaring sosial adalah gangguan umum yang sering dihadapi di tempat kerja. Hindari semuanya sepenuhnya. Biarkan IM Anda tetap offline, matikan ponsel Anda atau set ke mode diam.

Jika pekerjaan yang Anda lakukan memerlukan koneksi internet, jangan membuka browser. Jika pekerjaan Anda harus membuka internet browser , jangan membuka situs yang tidak relevan.

Ini membantu Anda lebih fokus pada pekerjaan Anda dan Anda dapat menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya.

4. Bekerjalah pada Kecepatan Anda Sendiri

Sebagian dari kita cenderung membanding-bandingkan kemajuan kita dengan kemajuan orang lain untuk bersaing dengan mereka. Kemudian, kita hendak mencapai sebanyak atau lebih yang telah mereka capai.

Sadarilah bahwa produktivitas mereka bukanlah ukuran bagi produktivitas Anda. Orang bisa bekerja sangat cepat, tapi belum tentu hasilnya bagus.

READ:  4 Tipe Rekan Kerja yang Sebaiknya Dihindari

Jangan biarkan seseorang atau sesuatu mendikte Anda bagaimana harus bekerja. Jadilah diri sendiri dan tetapkan tujuan.

5. Ambil Nafas Dalam-dalam

Setiap kali pikiran Anda mengembara ke mana-mana dan tidak fokus dengan tugas yang Anda kerjakan, bernafaslah dalam-dalam.

Pernafasan ini berfungsi untuk membantu Anda mengingat pekerjaan yang sedang ada di tangan Anda.

6. Perhatian (fokus) pada Pekerjaan

Perhatikan apa yang sedang Anda kerjakan untuk menghindari kesalahan. Jangan buka pikiran Anda dengan hal-hal lain di luar pekerjaan Anda.

Pastikan bahwa apa yang sedang Anda pikirkan berkaitan dengan pekerjaan yang ada di tangan Anda.

7. Beristirahat di Antara Pekerjaan

Anda bukan super power, tubuh Anda perlu diisi ulang setelah menyelesaikan satu pekerjaan, sebelum Anda dapat mulai mengerjakan pekerjaan lainnya.

Carilah sesuatu yang bisa dimakan selama jeda pekerjaan. Anda bisa mengkonsumsi buah yang manis untuk nutrisi otak Anda.

***

Demikian 7 cara mudah untuk menjadi super produktif yang dapat berguna untuk meningkatkan karir Anda. Semoga bermanfaat.

READ:  8 Cara Belajar Mencintai Pekerjaan dan Menjadikannya Terasa Ringan

(foto: careerealism.com)