Tips agar si Kecil Gemar Membaca

Loading...

gemar membaca sejak kecilMembaca adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Namun, sebesar apapun manfaatnya, jika tidak ada kesadaran dalam diri akan pentingnya membaca, tidak akan ada gunanya.

Membaca belum menjadi tradisi yang harus dijalani, jadi wajar saja bila orang-orang menganggap bahwa budaya membaca itu tidak penting. Maka dari itu, sebaiknya tanamkan minat membaca pada anak Anda sedini mungkin.

Anak-anak yang menikmati buku dan membaca sejak usia muda diyakini akan mampu menemukan kesuksesan karir skolastik dan masa depan yang lebih mudah.

Berikut adalah delapan ide cerdas untuk membantu Anda mendorong anak agar bisa menikmati buku dan kegiatan membaca:

1. Membacakan buku pada anak setiap hari

Anda bisa mulai membacakan buku pada anak Anda sejak bayi, pendengaran mengembangkan keakraban dengan bahasa, meningkatkan kosa kata dan memperluas pengetahuan anak Anda tentang dunia.

Luangkan waktu Anda 20 hingga 30 menit setiap hari untuk membaca dengan suara keras kepada anak Anda sebelum tidur. Hal ini selain dapat menjadi “quality time” Anda bersama anak, juga mampu merangsang imajinasi mereka saat tertidur.

READ:  10 Tips Menguasai Teknik Membaca Cepat

Selain itu hal ini akan membangun kepercayaan diri dan keterampilan dalam berbicara dari teks dan mengolah bakat besar untuk kehidupan masa depan.

2. Mendiskusikan buku dengan anak

Sangat penting untuk mendiskusikan kembali tentang buku yang telah Anda baca atau buku yang telah dibaca anak di sekolah.

Pastikan apakah anak Anda paham akan cerita yang dibacanya dalam buku, mungkin saja anak Anda punya beberapa hal yang ingin ditanyakan pada Anda. Berdiskusi tentang buku dapat menambah wawasan anak akan hal-hal baru yang belum diketahuinya.

3. Membeli buku favorit anak

Menambah koleksi anak dengan bacaan favorit mereka menjadi salah satu cara untuk membangkitkan minat baca anak. Cari tahu buku seperti apa yang menarik perhatian anak.

Sesering mungkin ajak anak Anda mengunjungi toko buku, karena akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Buku bisa menjadi hadiah berharga bagi anak Anda.

4. Menciptakan ruang baca yang nyaman untuk anak

Berikan kesempatan pada anak Anda untuk membaca tanpa adanya gangguan televisi atau suara bising lainnya di rumah.

READ:  Tips Menghentikan Kecanduan TV pada Anak

Sediakan ruang baca di tempat yang tenang dengan pencahayaan yang baik. Ini bisa menjadi bentuk dukungan Anda kepada anak untuk meningkatkan minat baca mereka.

5. Membeli kamus dan menggunakannya secara teratur bersama anak

Ketika anak Anda merasa bingung dan kurang paham tentang suatu hal, cobalah untuk memintanya membuka kamus dan mencari tahu sendiri. Di dalam sebuah kamus terdapat makna yang berbeda, diskusikanlah dengan anak Anda.

Ini adalah cara yang fantastis untuk meningkatkan kosa kata anak dan memberikan kepercayaan diri di masa depan.

6. Mengenalkan buku tentang berbagai topik

Cobalah untuk memperkenalkan buku dengan topik yang berbeda kepada anak. Untuk anak perempuan, buku masak bisa menjadi sangat menyenangkan, selain menambah minat membaca, keterampilan memasaknya juga dapat dikembangkan secara paralel.

Untuk anak pria, cobalah memperkenalkan buku tentang olahraga yang dapat dibaca bersama-sama. Membaca buku bisa menjadi hal favorit anak, tidak selalu harus menjadi tempat untuk melarikan diri.

7. Kunjungi perpustakaan setempat

Perpustakaan umum adalah sumber daya paling indah dan paling lengkap. Anda bisa menemukan berbagai macam buku dengan topik yang berbeda.

READ:  8 Tips Membimbing Anak Mengerjakan PR

Daftarkan diri untuk mendapatkan kartu perpustakaan, bebaskan anak untuk meminjam buku favorit mereka dan mengembalikannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Biarkan anak Anda mencari buku dengan subjek atau pengarang favorit mereka.

Cobalah untuk mengajak anak Anda mengunjungi perpustakaan setempat satu atau dua kali seminggu.

8. Kunjungi situs web penulis favorit dan ilustrator

Saat ini dunia sudah semakin canggih. Ada banyak penulis yang memiliki situs web dengan informasi tentang buku-buku dan biografi singkat mereka.

Perkenalkan hal ini kepada anak Anda, karena bisa memperluas pengetahuan dan pengalaman mereka tentang buku digital.

(foto: sheknows.com)