Manfaat Biji Chia Bagi Kesehatan Tubuh

Loading...

manfaat kesehatan biji chiaMeskipun baru populer beberapa saat belakangan ini, namun ternyata keberadaan dan manfaat biji chia bagi kesehatan telah diketahui sejak lama.

Saat ini, biji Chia telah menjadi bahan pokok yang dimasukkan dalam daftar makanan bagi orang yang sedang menjalankan program diet di negara-negara bagian Amerika.

Biji chia bagus dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet. Apabila biji chia dicampurkan dengan air, maka biji chia akan berubah menjadi konsistensi seperti gel sehingga akan lebih tahan lama di dalam perut dan memberikan efek kenyang lebih lama.

Berikut ini akan diuraikan beberapa manfaat kesehatan dari biji chia yang bisa Anda dapatkan jika rajin mengkonsumsinya seperti yang dikutip dari Acne Skin Site:

1. Mengenyangkan Lebih Lama

Seperti yang telah dijelaskan sekilas di atas, biji chia bisa mengisi perut Anda dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama tanpa meninggalkan rasa berat, kembung atau tidak nyaman. Makanya sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang dalam program diet.

READ:  Definisi Plastisitas Otak

Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah. Cukup mencampurkan dua atau tiga sendok biji chia dengan air dan aduk rata hingga berbentuk seperti gel dan habiskan! Cara lainnya dengan mencampurkan ketika akan membuat smoothie atau jus. Hmm… yummy!

2. Mengandung Asam Lemak Esensial

Rajin mengkonsumsi biji chia juga akan memberikan manfaat yang baik bagi kuku, rambut dan kulit. Biji chia mengandung asam lemak esensial seperti asam lemak omega3 dan asam lemak omega6 yang bisa membantu agar kulit, kuku dan rambut nampak lebih bersinar.

3. Menghidrasi Kulit

Selain membuat kulit nampak lebih bersinar, rutin mengkonsumsi biji chia juga membantu akan membuat kulit tetap lembab karena mampu menghidrasi kulit.

Biji chia dapat menyerap 9 kali volume dalam air atau cairan lain seperti minuman jus atau gatorade (yang memiliki elektrolit di dalamnya) sehingga sangat ideal untuk ditambahkan dalam daftar ketika diet jika Anda merupakan seorang yang rajin berolahraga.

4. Menstabilkan Gula Darah

Biji chia dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah karena periode pencernaannya yang lambat sehingga mampu mencegah atau mengurangi resiko terkena diabetes.

READ:  10 Kandungan dan Manfaat Kesehatan Ikan Tuna

5. Membantu Menyerap Vitamin

Asam lemak esensial dalam biji chia (yang akan jadi gel chia bila dicampur dengan air) membantu tubuh untuk menyerap vitamin penting lain seperti vitamin A, D, E, dan K.

Semua vitamin ini sangat penting untuk menjaga kulit Anda terlihat sehat bersinar dan membuat tubuh merasa luar biasa sehingga secara keseluruhan kesehatan Anda akan meningkat.

6. Memperlancar Pencernaan

Pencernaan Anda akan lebih baik yang berarti Anda akan membuang racun berbahaya dari tubuh lebih cepat jika Anda menambahkan biji chia untuk diet Anda sehari-hari.

Cukup mencampur sesendok atau 2 sendok makan biji chia dengan air atau cairan lain yang sehat untuk cara konsumsi yang termudah.

**

Demikianlah 6 manfaat biji chia untuk kesehatan tubuh. Padukanlah biji chia ke dalam menu harian Anda, untuk mendapatkan manfaat kesehatannya secara maksimal. Semoga bermanfaat.

(foto: ohtastensee.com)