Tips Agar Bisa Pulang OnTime Saat Bekerja

Loading...

Tips Agar Bisa Pulang OnTime Saat BekerjaBagi Anda yang bekerja di kantor, bisa pulang tepat waktu terkadang merupakan sebuah harapan yang sulit sekali terwujud.

Menumpuknya beban pekerjaan, habisnya waktu untuk mengobrol di kantor, adanya tugas mendadak, dan sejuta alasan lainnya yang menyebabkan Anda harus menghabiskan waktu lebih lama di kantor.

Padahal, istri dan anak sudah menunggu Anda di rumah untuk menghabiskan sisa hari bersama Anda.

Jika ingin merubah jam pulang Anda menjadi tepat waktu, beberapa tips ini mungkin bisa Anda coba.

Datang sebelum jam masuk kerja

Jika jam kerja Anda dimulai jam delapan, dan Anda biasa datang jam delapan kurang 5 menit, atau bahkan jam delapan kurang 1 menit, baiknya Anda mulai merubah kebiasaan ini.

Anda tentu tidak langsung memulai aktifitas begitu tiba di kantor, bukan? Perlu waktu untuk meluruskan kaki setelah menempuh kemacetan sewaktu berangkat, menyalakan PC, merapihkan meja kerja, menyiapkan secangkir minuman barangkali, dan itu bisa memakan waktu setengah sampai satu jam.

Jadi Anda benar-benar baru memulai bekerja pada jam sembilan. Saatnya Anda berubah. Usahakan datang  maksimal setengah jam sebelum jam masuk kerja Anda.

Dengan begitu Anda bisa lebih santai dalam mempersiapkan segalanya, sehingga pada jam masuk, Anda sudah bisa memulai pekerjaan Anda. Dengan lebih awal memulai pekerjaan, diharapkan semuanya juga akan selesai tepat sebelum jadwal pulang Anda.

Buat list pekerjaan pada hari itu dan deadline-nya

Sebaiknya Anda mempunyai list mengenai apa saja yang harus dilakukan pada hari itu. Buatlah prioritas dan deadline dari masing-masing detail pekerjaan, termasuk jika Anda harus meeting atau ada keperluan keluar kantor.

Perkirakan waktu yang dibutuhkan untuk masing-masing detail tersebut. Ini menghindari jika tiba-tiba Anda ingat bahwa ada yang harus dikerjakan, padahal sebentar lagi Anda harus pulang. Setelah membuat jadwal tersebut, tepatilah, kecuali jika memang benar-benar ada hal mendadak yang di luar rencana.

Dengan melakukan pekerjaan sesuai jadwal, Anda akan bisa menyelesaikan semua pekerjaan sebelum jam pulang Anda. Jika masih ada waktu, Anda juga bisa menyusun jadwal pekerjaan untuk keesokan harinya.

Kerjakan apa yang harus dikerjakan

Fokuslah terhadap apa yang harus Anda kerjakan. Anda boleh mengobrol dengan rekan kerja karena itu salah satu bentuk sosialisasi, tetapi jangan Anda menghabiskan waktu terlalu banyak untuk melakukan hal-hal yang kurang penting dan tidak produktif.

Segera kembali ke pekerjaan jika Anda merasa sudah terlalu lama mengobrol atau mungkin saat Anda tergoda untuk browsing di internet atau menjelajahi dunia maya lainnya (facebook, twitter, dan lainnya). Itu hanya akan menghabiskan waktu Anda lebih banyak lagi.

Saat bekerja pun, fokuslah pada satu pekerjaan saja. Jangan memikirkan pekerjaan lain jika sedang melakukan pekerjaan yang satu. Karena ini dapat memecah konsentrasi Anda. Jika konsentrasi tidak penuh, waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan satu pekerjaan akan menjadi lebih lama.

***

Demikian beberapa tips yang bisa Anda praktekkan agar dapat pulang kerja tepat waktu. Sebenarnya inti dari solusi yang disampaikan di atas adalah mengenai managemen waktu.

Jika kita mampu mendisiplinkan diri untuk membuat jadwal kegiatan serta mematuhi apa yang telah kita buat, maka pekerjaan Anda akan dapat diselesaikan sebelum waktu pulang Anda, sehingga Andapun bisa pulang kerumah tepat waktu.

Meskipun Anda meninggalkan kantor tepat sesuai jadwal, tetapi produktifitas Anda tetap tidak menurun, karena semua tanggung jawab yang ada sudah terselesaikan. Andapun bisa memiliki waktu lebih banyak dan berkualitas dengan keluarga di rumah.

READ:  5 Aplikasi Android Untuk Melejitkan Produktivitas Kerja