Tips Menjaga Kebersihan Tubuh Saat Hamil

Loading...

menjaga kebersihan saat hamilSelama masa kehamilan, setiap gerakan harus dilakukan dengan sangat berhati-hati.

Wanita hamil akan menjadi sangat sensitif terhadap hal-hal kecil sekalipun, maka dari itu sangat perlu untuk menjaga kebersihan agar terhindar dari kesalahan kecil yang dapat menyebabkan infeksi.

Seorang wanita hamil sangat mudah terserang beberapa jenis infeksi seperti infeksi urin, infeksi lambung, dan infeksi kulit. Jadi menjaga kebersihan tubuh adalah yang paling penting pada masa kehamilan.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kebersihan tubuh selama kehamilan:

Rambut dan kepala

Saat sedang hamil, hindari penggunaan cat rambut dan hentikan pengeritingan rambut. Produk seperti cat rambut mengandung toksik atau zat beracun yang bisa saja mempengaruhi kehamilan Anda. Cukup keramas seperti biasa sambil melakukan pijatan-pijatan halus pada kepala.

Pakaian

Anda harus memastikan bahwa pakaian yang Anda gunakan setiap hari telah dicuci bersih. Pakaian yang bersih dapat mencegah kemungkinan terkena iritasi dan infeksi pada kulit.

Wanita yang berada pada masa kehamilan trimester ketiga sebaiknya menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan katun. Trimester ketiga merupakan masa dimana sekresi air susu mungkin terjadi, dan pakaian dengan bahan katun dapat dengan mudah menyerap cairan apapun sehingga cepat kering.

READ:  Insomnia Selama Kehamilan

Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat terutama saat perut sudah semakin membesar.

Wajah

Flek atau noda hitam sering muncul di wajah wanita yang sedang hamil, hal ini terjadi akibat perubahan hormon yang memicu pigmentasi pada wajah dan leher.

Jangan menggunakan krim atau mengoleskan pelembab apapun, karena noda hitam tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah Anda melahirkan.

Cuci tangan

Sebelum makan, Anda harus mencuci tangan dengan benar. Gunakan pembersih untuk mencegah infeksi perut.

Jangan lupa untuk mencuci setiap sayuran dan buah-buahan yang akan dikonsumsi. Gunakan peralatan yang benar-benar bersih. Sesering mungkin gunakanlah sarung tangan.

Perawatan gigi

Selama kehamilan, Anda harus memberikan perhatian khusus terhadap perawatan gigi. Wanita hamil memiliki kemungkinan menderita masalah gigi karena peningkatan kadar estrogen yang dapat menyebabkan pembengkakan dan sensitivitas pada gusi. Gusi menjadi lebih lunak dan kadang berdarah.

Sikatlah gigi Anda secara lembut dengan menggunakan pasta gigi yang dianjurkan dokter. Sesekali Anda juga bisa melarutkan garam ke dalam air hangat kemudian digunakan untuk berkumur.

READ:  7 Tanda Jantung Anda Tidak Sehat

Alat kelamin Bersih

Untuk mencegah infeksi kelamin, Anda harus menjaga daerah kemaluan agar tetap bersih. Mencuci kelamin penting untuk mempertahankan tingkat pH.

Setelah buang air kecil, bersihkan kelamin dari arah depan ke belakang. Bersihkan bak mandi atau ember setiap hari sebelum Anda mandi untuk menghindari terjadinya infeksi vagina.

Perawatan Payudara

Ini adalah tips yang sangat penting untuk menjaga kebersihan diri selama kehamilan. Bersihkan payudara terutama bagian sekitar puting untuk menghapus kolostrum kering dan mencegah puting dari rasa gatal atau iritasi.

Saat hamil, akan terjadi pembesaran payudara. Hal ini mungkin terasa tidak nyaman bagi wanita, namun Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan ukuran bra yang lebih besar.

**

Merawat kebersihan pada masa kehamilan tidak harus dilakukan sepenuhnya seorang diri, perlu ada dukungan atau pengawasan dari suami dan orang-orang di sekitar Anda. Selain itu latihan senam atau yoga juga penting untuk dilakukan pada masa kehamilan.

Dengan menjaga kebersihan diri dan melakukan senam maupun gerakan yoga secara rutin, diharapkan bayi dapat dilahirkan dalam keadaan sempurna.

READ:  Memilih Produk Perawatan Kulit Selama Kehamilan

(foto: cdnds.net)