Destinasi Wisata Jawa Barat yang Menakjubkan

Loading...

Jawa Barat merupakan provinsi dengan penduduk yang paling banyak. Bukan hanya penduduknya saja yang berjumlah 34 juta-an, provinsi ini juga memiliki banyak sekali tempat wisata.

Bagi Anda yang merasa penasaran dengan destinasi wisata Jawa Barat maka berikut merupakan beberapa lokasi yang banyak menyedot perhatian kalangan wisatawan sehingga selalu dikunjungi dan jumlahnya semakin bertambah dalam setiap tahunnya.

1. Pantai Pangandaran

pantai pangandaran
(foto: ariechicarito.blogspot.com)

Setiap orang pasti menyukai panorama pantai dengan liukan ombaknya yang indah dan semilirnya angin yang membuat menenangkan.

Nah salah satu pantai terkenal yang ada di Jawa Barat ialah Pantai Pangandaran yang setiap tahunnya, terutama ketika Lebaran atau perayaan Tahun Baru, selalu dijejali para pengunjung yang datang dari pelbagai daerah.

Pangandaran memiliki kelebihan hamparan pasirnya yang halus dan memanjang dari timur sampai ke barat. Pangandaran juga memiliki Cagar Alam Pananjung yang di dalamnya banyak terdapat situs-situs bersejarah dan melegenda seperti Gua Jepang dan Mata Air Rengganis.

Jika Anda belum pernah berkunjung kesini maka sesekali harus mencoba berwisata di Pantai Pangandaran yang sedang mencoba bangkit paska terjadinya musibah tsunami pada tahun 2006 silam.

READ:  Tips Wisata Gunung Bersama Keluarga

2. Gunung Tangkuban Perahu

tangkuban parahu bandung
(foto: alaniadita.blogspot.com )

Banyak orang tahu dengan legenda Sangkuring yang ingin menikahi ibu kandungnya sendiri, Dayang Sumbi.

Konon, gunung ini berasal dari sebuah perahu setengah jadi yang keburu ditendang oleh Sangkuriang karena saking kesalnya niatnya untuk menikahi ibunya sendiri tidak terlaksana. Perahu yang ditendang tersebut jatuh tertelungkup di suatu tempat yang kini menjadi Gunung Tangkuban Perahu. Jika ditilik, bentuk gunung ini memang persis seperti perahu yang terbalik.

Gunung ini memiliki tiga kawah yang jaraknya saling berdekatan yakni Kawah Ratu, Kawa Domas dan juga Kawah Upas. Kawah-kawah cantik itu menjadi daya tarik utama bagi kalangan wisatawan.

Untuk menjangkau ketiganya Anda bisa berjalan kaki melewati jalanan setapak yang jarak tempuhnya tak seberapa jauh. Atau jika Anda capek, maka dapat menyewa tunggangan kuda khusus untuk yang mau menuju ke Kawah Ratu.

3. Arung Jeram di Sungai Citarik

arung jeram citarik
(foto: westjava-vacationpackages.blogspot.com)

Jika Anda suka dengan olahraga yang mampu memacu adrenalin maka menjajal berarung jeram di Sungai Citarik laik untuk dicoba.

READ:  Inilah 5 Wisata Alam Pilihan Untuk Libur Idul Adha

Sungai yang berada di Kabupaten Sukabumi ini benar-benar akan memberikan impresi tersendiri ketika memacu perahu karet melewati bebatuan yang terjal. Air sungainya sendiri cukup deras sehingga mampu memberikan hentakan-hentakan dahsyat yang mampu menyeret perahu karet cukup kuat.

Anda dan tim bisa memiliki salah satu dari lima operator yang beroperasi di sungai ini. Anda juga akan dipandu oleh pemandu yang sudah memiliki jam terbang tinggi dan bersertifikat internasional.

4. Kawah Putih

kawah putih jawa barat
(foto: indonesia-tourism.com)

Kawah Putih merupakan fenomena alam yang menakjubkan dan jarang ditemukan di daerah yang lain. Kawah Putih berada di Gunung Patuha.

Dari kejauhan Anda sudah bisa mencium menyengatnya bau belerang yang menusuk hidung. Sampai di mulut kawah, akan langsung terlihat air kawah yang berwarna hijau bening.

Di sekelilingnya terdapat hamparan pasir putih yang semakin menambah pesona dan keindahan kawah ini. Sesekali nampak terlihat letupan kecil lumpur hidup yang menjadikannya semakin berdaya tarik.

5. Pantai Pelabuhan Ratu

pelabuhan ratu
(foto: lovepalabuhanratu.blogspot.com )

Pantai ini terkenal dengan legenda Nyi Roro Kidul-nya yang tak surut ditelan zaman.

Cerita tentang Nyi Roro Kidul ini seakan terus diproduksi menjadi legenda abadi sampai kapanpun. Sampai-sampai di salah satu hotel di bibir Pantai Pelabuhan Ratu disediakan kamar khusus dengan dominan warna hijau kesukaan Sang Ratu.

READ:  Ayo Berlibur ke Jogjakarta

Daya tarik Pelabuhan Ratu ialah sebagai pantai yang merupakan perpaduan antara pantai curam dengan pantai landai. Ombaknya cukup ganas sehingga pada beberapa spotnya menjadi area terlarang untuk dijadikan tempat berenang.

**

Demikianlah 5 destinasi wisata populer di Jawa Barat. Dan masih banyak destinasi wisata Jawa Barat lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Lokasi wisata tersebut biasanya akan dipadati pengunjung ketika hari libur tiba seperti Lebaran Idul Fitri, Tahun Baru, Pesta Nelayan dan lainnya.