Cara Mencegah Gigi Menguning

Loading...

Cara Alami Mengatasi Gigi KuningOrang bilang satu senyuman dapat membuat seseorang menjadi tak berdaya.

Tapi apa jadinya jika senyuman Anda tidak tampak indah karena warna gigi yang menguning?

Gigi kuning akan membuat Anda mengalami krisis kepercayaan diri. Merasa minder saat berbicara dan terlalu malu untuk tertawa.

Gigi yang menguning merupakan akibat dari kelalaian dan kemalasan merawat gigi. Perubahan warna gigi ini pada dasarnya disebabkan oleh plak, lapisan kotoran yang akan mengendap pada gigi Anda dan menjadi karang.

Enamel gigi akan terkikis seiring dengan bertambahnya usia Anda, sehingga gigi akan menyerap warna makanan yang Anda konsumsi.

Menyikat gigi dua kali sehari tidak cukup untuk menjaga kebersihan gigi Anda. Ada upaya-upaya lain yang perlu dilakukan untuk memutihkan gigi yang menguning.

Gigi yang menguning dapat Anda cegah dengan mengambil langkah-langkah khusus berikut ini:

Gosok Gigi Dengan Minyak Mustard dan Garam

Anda harus mulai mencoba untuk menggosok gigi dengan menggunakan minyak mustard dan garam satu kali dalam sebulan. Ini dapat membantu untuk mengangkat serta membersihkan sisa makanan dan plak pada gigi Anda sehingga mencegah warna gigi Anda menjadi kuning.

READ:  5 Manfaat Bila Sering Jalan Kaki

Campurkan minyak mustard dan garam kemudian gunakan jari Anda untuk menggosok gigi, atau celupkan kapas dalam minyak mustard dan garam lalu oleskan pada setiap sudut gigi Anda.

Minum Menggunakan Sedotan

Teh ataupun kopi merupakan jenis minuman yang dapat merubah warna gigi karena akan meninggalkan noda ketika dikonsumsi. Selain itu minuman soda tertentu juga dapat mengikis enamel gigi Anda.

Jadi jika Anda merasa tidak bisa menghindari minuman tersebut sepenuhnya, solusi terbaik adalah dengan menggunakan sedotan saat mengkonsumsinya. Sedotan dapat mengurangi terjadinya kontak antara minuman dengan gigi Anda.

Ini bisa jadi merupakan langkah penting untuk mencegah gigi menguning.

Konsumsi Makanan Renyah

Beberapa makanan renyah dapat membantu untuk memutihkan gigi Anda dengan membersihkannya dari noda-noda.

Konsumsilah buah yang mempunyai tekstur renyah seperti apel, pir, selada, karena memiliki kandungan yang dapat mengangkat noda-noda tanpa merusak enamel gigi secara alami.

Buah renyah tersebut dapat memutihkan gigi secara alami, serta membantu membersihkan gigi Anda secara efektif.

READ:  Memperlambat Datangnya Penuaan Dengan Mikrodermabrasi

Kulit Lemon

Kulit lemon juga memiliki fungsi untuk memutihkan gigi Anda. Ambillah potongan kulit lemon, lalu gosokkan pada setiap permukaan gigi Anda.

Setelah itu diamkan selama beberapa saat kemudian gosok gigi Anda seperti biasa dengan menggunakan pasta gigi.

Sikat Gigi Dengan Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan multifungsi yang mungkin sudah tersedia di dapur Anda.

Sesekali sikatlah gigi Anda dengan menggunakan baking soda karena dapat membantu memudarkan noda pada permukaan gigi Anda sehingga membuat gigi menjadi putih cemerlang.

Berhenti Merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab utama yang membuat gigi menguning. Tidak ada pencuci mulut apapun yang dapat memutihkan gigi Anda jika tidak berhenti merokok.

Itu sebabnya, cobalah untuk berhenti merokok sebelum gigi Anda menjadi semakin kuning dan kotor.

Berkumur Setiap Selesai Makan

Setiap kali Anda makan sesuatu, berkumurlah dengan air. Hal ini merupakan aturan dasar kesehatan gigi. Setelah makan, sisa-sisa makanan akan menempel pada sela-sela gigi Anda, berkumur dapat membersihkan sisa makanan tersebut dan mencegah gigi Anda berubah menjadi kuning.

READ:  7 Tips Diet Sehat

**

Gigi putih bersih selalu jadi impian setiap orang. Gigi putih cemerlang akan menambah kecantikan dan daya tarik Anda. Namun kadang tanpa disadari, warna gigi Anda seketika berubah kuning dan terlihat kotor.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena langkah-langkah diatas dapat membantu Anda untuk mencegah gigi menguning.

(foto: intanjait.blogspot.com)