3 Tips Sehat Berenergi saat Berpuasa

Loading...

tips sehat berpuasaBerbuka puasa adalah saat-saat yang sangat dinantikan bagi mereka yang sedang berpuasa. Selama berpuasa, biasanya muncul naluri yang ingin menikmati berbagai macam makanan pada saat berbuka puasa nanti.

Namun anda juga harus pintar memilah-milah jenis makanan yang ingin disantap saat berbuka puasa agar kebutuhan nutrisi tubuh bisa segera terpenuhi tanpa harus memakan berbagai jenis makanan yang tidak sehat bagi tubuh. Apalagi makan berlebihan merupakan hal yang tidak dianjurkan oleh agama.

Berpuasa merupakan proses detoks alami yang efektif dan aman dalam menetralisir racun dari dalam tubuh. Karena itu jangan rusak proses detoksifikasi tubuh tersebut dengan mengonsumsi makanan secara berlebihan pada saat berbuka puasa. Jangan lupa, pada saat berbuka puasa disunnahkan untuk makan makanan yang manis terlebih dahulu.

Berikut tips agar tetap sehat dan berenergi saat berpuasa selama sebulan penuh.

Pilih menu makanan yang mengandung karbohidrat

Karbohidrat berfungsi membantu proses pengeluaran feses, karena mampu mengatur gerakan yang terjadi di usus (peristaltik). Dalam hal peristaltik usus ini, yang berperan adalah kandungan karbohidrat yang disebut selulosa. Selulosa dapat diperoleh dari berbagai macam makanan yang juga berfungsi dalam hal mencegah kegemukan (obesitas), kelainan kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah), kanker usus dan juga Diabetes melitus.

READ:  Tips Agar Tetap Termotivasi Berolahraga

Selain itu mengomsumsi makanan yang mengandung karbohidrat pada saat berbuka puasa akan menambah energi karena setiap gram pada karbohidrat mengandung 4 kilo kalori yang berfungsi memberikan kekuatan pada tubuh dan menjadi cadangan makanan di dalam jaringan lemak.

Komsumsi air putih banyak-banyak

Banyak di antara kita pada saat berbuka puasa lebih senang membeli minuman kalengan karena katanya sebagai penambah energi, penangkal radikal bebas dan penambah ion. Tapi tahukah bahwa dari semua jenis air yang ada di dunia ini selain ASI maka air putihlah yang menempati urutan kedua memiliki khasiat yang sangat tinggi.

Air putih tanpa bahan pengawet akan lebih mudah terfiltrasi (disaring) di dalam ginjal sehingga proses pembuangan dalam tubuh menjadi lebih lancar.

Selain itu tubuh seharian memompa darah sebanyak 5 liter jika tidak diimbangi dengan meminum air putih yang cukup untuk kebutuhan tubuh maka akan timbullah masalah dengan pembuluh darah hingga menyebabkan anda menjadi dehidrasi (kurangnya pasokan cairan yang beredar dalam tubuh). Jadi minumlah air putih dan jadikan sebagai obat terapi berbagai macam penyakit pada tubuh.

READ:  5 Tips Maksimalkan Manfaat Olahraga

Jangan lupa konsumsi buah

Begitu banyak macam buah yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi seperti buah berry, pisang dan jeruk, komsumsilah salah satu di antaranya karena serat akan membantu tubuh dalam hal memperlancar pencernaan khusususnya sistem diuretik pada ginjal.

Jika kondisi pencernaan anda menjadi lancar maka puasa anda akan berjalan sebagaimana mestinya dan selama berpuasa anda akan terbebas dari berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan masalah pencernaan.

**

Itulah beberapa tips sehat yang bisa diterapkan pada saat anda berpuasa. Berpuasalah dengan ikhlas dan tanpa ada paksaan, bersabarlah menahan hawa nafsu karena sabar akan membawa keberuntungan (Ashobru diya’un). Semoga puasa kita semua berkah dan mendapat pahala yang setimpal dariNya.

Semoga bermanfaat.

(foto: nagaswarafm.com)