Manfaat dan Kandungan Gizi Jamur Tiram

Loading...

khasiat jamur tiramJamur adalah salah satu jenis pangan yang mulai diminati saat ini. Di Indonesia jenis jamur yang sangat terkenal adalah jamur tiram sebab memiliki rasa yang khas dan nikmat.

Selama ini yang sering kita lihat adalah jenis jamur tiram berwarna putih, namun berkat jasa  Dr. Anton S.M. Sonenberg, ahli bioteknologi di Mushroom Research Unit, Belanda yang telah menyilangkan antar spesiesnya sehingga menghasilkan warna jamur tiram yang beragam seperti jamur tiram kuning, jamur tiram abu – abu, jamur tiram merah, jamur tiram cokelat, dan jamur tiram biru.

Jamur tiram biasanya dikonsumsi menjadi sayur sup , sate jamur, soto jamur, keripik, dan lain – lain. Banyaknya orang yang senang mengkonsumsi jamur disebabkan memiliki khasiat yang sangat berguna bagi tubuh.

Nah apa saja khasiat jamur tiram bagi tubuh kita?

1. Membantu proses pencernaan usus

Dalam 100 gram jamur tiram mengandung 7,4 – 24,6 % serat sehingga baik dalam membantu melancarkan proses pencernaan di dalam usus. Bila proses metabolisme di dalam tubuh lancar maka tubuh akan lebih sehat dan aktivitas nyaman.

READ:  Tips Mengatasi Stres Liburan pada Anak

2. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang ingin menjalankan program diet maka sebaiknya banyak mengonsumsi jamur tiram sebab kandungan seratnya yang tinggi dapat menstabilkan proses metabolisme sehingga anda dapat menurunkan berat badan dan mencapai kondisi tubuh yang ideal.

3. Menyembuhkan Anemia

Jamur tiram mengandung zat besi dan folic acid yang dapat membantu mengatasi anemia.

4. Sebagai anti virus dan anti kanker

Bagi siapa yang rajin mengonsumsi jamur tiram dapat mencegah dirinya dari berbagai macam penyakit seperti kanker , tumor, beberapa virus termasuk AIDS, melawan kolesterol dan meningkatkan sistem imun di dalam tubuh kita sebab di dalam jamur tiram mengandung Beta-D-glucans yang merupakan salah satu jenis polisakarida.

5. Mengandung lemak tak jenuh

Mengonsumsi lemak tak jenuh lebih baik daripada mengonsumsi lemak jenuh, sebab dapat mencukupi kebutuhan lemak bagi tubuh, serta mengurangi efek negatif terhadap kelebihan konsumsi lemak jenuh. Lemak tak jenuh juga mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

6. Mengandung 9 jenis asam amino

Jamur tiram mengandung 9 jenis asam amino esensial yaitu  lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusin, isoleusin, histidin, dan fenilalanin. Asam amino sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk protein. Asam amino berfungsi untuk mencegah rambut rontok, menghambat pertumbuhan tumor dan kanker.

READ:  Bersihkan Rumah Dari Jamur!

Mineral mikroelemen yang bersifat logam dalam jarum tiram kandungannya rendah, sehingga aman mengonsumsi jamur tiram setiap hari.

(foto : jamurtirammurahblitar.wordpress.com)