5 Solusi Hidup Sehat di Kantor

Loading...

tips sehat di kantorBekerja selama delapan jam dalam sehari, bahkan lebih, bisa membuat badan Anda terasa lelah.  Waktu terasa sempit, hingga tak ada waktu untuk berolah raga.

Bisa saja Anda berpikir, jika jam kerja begitu padat maka untuk mendapatkan hidup sehat itu hanya mempunyai peluang sedikit.

Di samping pekerjaan kantor, pekerjaan rumah yang mungkin semakin melelahkan tubuh Anda pun telah menanti. Belum juga istirahat, sudah melakukan pekerjaan yang lain.

Hal ini memungkinkan kesehatan tubuh Anda menurun. Selain itu, memungkinkan juga berat badan tubuh Anda menjadi naik. Apalagi jika Anda adalah orang yang hobinya ngemil.

Menurut survey Sebuah studi di Monash University, Australia, menunjukkan bahwa lebih dari 9000 perempuan yang partisipasi dalam studi ini – mereka bekerja lebih dari 49 jam per minggu – berat badan mereka naik sekitar 1,9 %. Sebuah angka yang relatif tinggi bukan? Hal ini sangat jauh jika dibandingkan dengan perempuan yang bekerja paruh waktu. Mereka hanya naik sekitar 1,6 %.

Namun, hidup sehat adalah sesuatu yang harus didapatkan. Sebab, jika hidup Anda tidak sehat maka hal itu akan memungkinkan Anda menjadi sakit. Jika Anda sakit, masihkah Anda bisa bekerja?

READ:  5 Tips Sehat Dan Tampil Awet Muda

Lalu, bagaimana caranya agar Anda mendapatkan hidup sehat, namun pekerjaan tetap lancar? Berikut 5 langkah solusi untuk gaya hidup sehat di kantor.

1. Manfaatkan Jam Kerja

Saat jam kerja, Anda harus bekerja dengan efektif. Segera menyelesaikannya tanpa menunda-nunda pekerjaan. Hal ini akan memungkinkan Anda mempunyai waktu luang untuk istirahat lebih banyak.

Pekerjaan Anda pun akan segera selesai dan dalam keadaan baik. Kemudian luangkan waktu 40 menit setiap hari untuk merefresh otak Anda dan berolah raga.

2.  Selektif memilih camilan

Untuk mendapatkan hidup sehat bukan berarti Anda tidak boleh ngemil. Boleh saja, asalkan kita selektif dalam memilih camilan. Memiih camilan yang  mempunyai nutrisi tinggi dan mengenyangkan  dalam porsi yang cukup adalah pilihan yang sangat tepat.

Di antaranya Anda bisa memilih potongan buah, atau kacang-kacangan seperti fruit soy bar. Dan jangan lupa untuk meminum air putih selama 30 menit sekali atau 5 gelas dalam sehari untuk memperlancar aliran darah.

3. Tempat kerja yang menyenangkan

Tidak bisa dipungkiri, ketika melihat sesuatu yang berantakan dan tidak teratur itu akan menimbulkan stress. Anda juga mungkin merasakannya, saat tempat kerja Anda berantakan dan semerawut tidak teratur itu membuat Anda Stress. Pekerjaan tidak lancar.

READ:  Waspadai Coronavirus Saat Ibadah Haji!

Karenanya buatlah tempat kerja Anda senyaman mungkin. Tempatkanlah alat-alat kerja Anda di tempat yang tepat, agar mata Anda selalu fresh ketika melihatnya.

4. Posisi duduk yang tepat

Posisi duduk yang salah bisa membuat punggung Anda terasa sakit. Ada beberapa hal yang harus Anda perbaiki agar posisi duduk Anda tepat dan terasa nyaman.

Pertama, pastikan pandangan mata dan layar komputer sejajar sehingga Anda tidak perlu mendongak atau menunduk.

Kedua, pastikan saat Anda mengetik di keyboard, lengan atas dan lengan bawah membentuk sudut 90°, ini akan membuat Anda merasa nyaman ketika mengetik. Pastikan leher dan punggung atas tak tegang ketika jari menyentuh keyboard.

Ketiga, ketika Anda duduk tanpa bersandar, duduklah dalam posisi tegak atau jangan membungkuk.

5. Cari teman

Untuk mendapatkan hidup sehat tidaklah semudah yang dibayangkan, namun tidak terlalu sulit juga. Ada banyak godaan saat memaksimalkan diri untuk mendapatkan hidup sehat.

Ketika pertama kali Anda bertekad untuk hidup sehat, mungkin Anda sangat hati-hati menjaga pola hidup. Namun ketika godaan demi godaan itu menggoda, tidak menutup kemungkinan Anda akan tergoda.

READ:  7 Cara Menghindari Akrilamida dalam Makanan

Karenanya Anda memerlukan rekan yang bisa saling mengingatkan dan mendukung untuk terus hidup sehat ketika Anda tergoda.

(foto: coreperformance.com)