Kenali Gejala Keasaman Pada Tubuh

Loading...

gejala keasaman tubuhKelebihan asam selain disebabkan oleh stres, juga bisa dipicu oleh makanan yang Anda konsumsi.

Makanan merupakan salah satu alasan utama terjadinya kelebihan asam dalam tubuh, seperti misalnya cokelat, makanan pedas dan goreng-gorengan.

Beberapa orang kadang tidak menyadari gejala dari keasaman berlebih, akibatnya mereka terus mengkonsumsi makanan yang dapat memicu peningkatan kadar asam.

Maka dari itu, ada baiknya jika Anda mengetahui seperti apa gejala tubuh yang kelebihan asam seperti berikut ini:

Kelelahan

Tekanan kerja merupakan alasan umum yang menyebabkan tubuh merasa lelah, namun kelelahan juga bisa dipicu berbagai macam alasan lain. Gejala keasaman ini memainkan peran utama dalam membuat tubuh Anda kehilangan semua energi.

Kram kaki

Ketika Anda memiliki kadar asam yang tinggi, maka Anda akan sering mengalami kram kaki. Terkadang kaki Anda akan terasa berat untuk digerakkan. Ini merupakan gejala umum keasaman yang terjadi tanpa disadari.

Mata berair

Mata berair adalah salah satu gejala yang akan timbul saat tubuh kelebihan asam. Karena tingginya tingkat keasaman, Anda bisa mengalami konjungtivitis (peradangan selaput mata).

READ:  Gejala dan Pengobatan Malaria

Wajah pucat

Tampilan pucat Anda bisa jadi disebabkan oleh keasaman yang berlebih. Tingginya kadar asam dalam tubuh dapat menyerap seluruh energi Anda sehingga membuat Anda lemas dan tampak pucat.

Bibir pecah-pecah

Karena intensitas keasaman dalam tubuh, bibir Anda akan menjadi kering dan pecah-pecah, membuat bibir Anda terkelupas.

Sariawan

Sariawan terjadi ketika tingkat keasaman dalam tubuh Anda meningkat. Jika Anda mengalami sariawan, Anda dapat mengatasinya dengan mengoleskan madu pada sariawan Anda.

Masalah kulit

Kulit kering adalah masalah umum bagi orang-orang yang menderita kelebihan asam. Area tubuh Anda yang sering mengeluarkan keringat akan terasa gatal sehingga membuat Anda rentan terkena infeksi kulit.

Air liur asam

Karena tingginya tingkat keasaman, lidah Anda menjadi panas dan air liur Anda terasa asam. Minumlah susu dingin untuk membantu lidah yang terasa panas menjadi lebih tenang.

Masalah gigi

Kelebihan asam dalam tubuh dapat mengakibatkan nyeri pada gusi, gigi merasa sensitif terhadap makanan panas dan dingin. Selain itu gigi juga cenderung retak atau mengelupas karena tingginya kadar keasaman.

READ:  4 Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin

**

Kelebihan asam membuat Anda tidak dapat menikmati segala makanan lezat yang Anda inginkan. Tapi itu adalah cara yang terbaik untuk menjaga agar hidup Anda tetap sehat dan lebih baik.

Memang benar bahwa stres dan aktivitas fisik yang berlebihan juga dapat menyebabkan tubuh mengalami peningkatan asam. Oleh sebab itu Anda harus selalu memperhatikan gejala-gejala yang terjadi pada tubuh Anda agar bisa mencegah terjadinya sesuatu yang lebih buruk.

(foto: yxhealth.com)