Makanan Detoksifikasi yang Membersihkan Tubuh

Loading...

makanan detoksifikasiDi bulan Ramadhan, Anda yang berpuasa tidak hanya berkesempatan untuk menjalankan ibadah, tetapi juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan. Dalam ilmu kesehatan, puasa adalah suatu cara detoksifikasi, yakni proses pembersihan racun dan limbah dari dalam tubuh Anda.

Untuk melengkapi puasa, Anda bisa mengonsumsi jenis-jenis makanan yang bisa membuat detoksifikasi di dalam tubuh Anda lebih ampuh.

Berikut 9 jenis makanan detoksifikasi yang benar-benar aman untuk membersihkan tubuh Anda.

1. Alpukat

Alpukat mengandung anti oksidan, termasuk glutathione yang bisa mengangkat racun berbahaya di dalam tubuh Anda. Alpukat juga bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah dengan cepat. Bagi para penderita penyakit kolesterol tinggi, Anda bisa mencoba mengosumsi alpukat tanpa gula dan tanpa susu saat berbuka.

2. Cranberries

Cranberries memiliki manfaat mencegah infeksi pada saluran kandung kemih. Buah ini juga dapat menyingkirkan racun, limbah dan bakteri dari dalam tubuh Anda.

3. Kubis

Sayuran ini memiliki kadar belereng di dalamnya. Zat yang sangat penting untuk menyingkirkan bahan kimia, seperti sisa-sisa pestisida dari di dalam tubuh Anda.

READ:  Mengenal Diet Detoks Dan Bahayanya

4. Lemon

Lemon sudah terkenal sebagai vitamin C dosis tinggi yang sering dijadikan sebagai suplemen dan minuman kaleng. Lemon dapat melindungi hati (liver) dan menyingkirkan bahan kimia dari dalam tubuh Anda. Meminum lemon secara teratur membuat kesehatan menjadi lebih baik. Jika Anda bisa mendapatkan manfaat alami dari satu gelas jus lemon, kenapa mesti meminum lemon kalengan yang banyak pengawet?

5. Brokoli

Sayuran ini merupakan anti oksidan super. Jika Anda tida suka dengan sayuran ini, sungguh sangat disayangkan. Brokoli penuh dengan anti oksidan yang dapat menguras limbah dari dalam tubuh. Kandungan enzimnya sangat tinggi sehingga membantu sistem pencernaan tubuh berjalan lebih efisien. Brokoli mentah memiliki manfaat terbaik karena nutrisinya sangat tinggi. Cobalah minum jus brokoli + wortel sebagai makanan sahur Anda.

6. Bawang putih

Bahan makanan yang penuh belereng, sangat baik untuk membersihkan tubuh. Ia juga memiliki sifat anti biotik sehingga membantu tubuh melawan infeksi. Saat ini, bawang putih bahkan sudah dibuat suplemen. Namun, jika Anda bisa mendapatkan manfaat bawang putih dari segelas jus wortel + bawah putih, mengapa harus menggunakan suplemen buatan?

READ:  5 Jenis Makanan Untuk Detoksifikasi Tubuh

7. Bit

Bahan makan ini dapat dimasukkan ke dalam resep makanan atau dimakan mentah. Bit mengandung betaine dan pektin yang membantu melindungi hati dan sistem pencernaan. Minum segelas jus bit mampu membersihkan tubuh Anda dari racun. Bagi penderita kanker, dianjurkan untuk meminum jus ini setiap dua jam sekali untuk melawan kanker di dalam tubuh Anda.

8. Anggur

Buah ini membantu membersihkan pencernaan dan mencegah perkembangan batu ginjal. Ia juga rendah gula dan kalori sehingga cocok sebagai makanan diet. Anggur sebagai makanan berbuka melengkapi proses pembersihan tubuh Anda selama berpuasa.

9. Lentil (miju)

Lentil adalah kacang-kacangan yang dapat membersihkan tubuh, menurunkan kadar kolesterol dan menjaga keseimbangan kadar gula darah di dalam tubuh. Sangat cocok bagi penderita kolesterol tinggi dan diabetes.

(foto: blogs.kqed.org)