Mengenal Lumba-Lumba dan Fakta Menariknya

Loading...

lumba lumbaLumba – lumba adalah salah satu mamalia laut yang terkenal cerdas dan mudah diajar sehingga sering kita jumpai lumba – lumba yang dapat menerobos api, berhitung dan lain – lain pada acara sirkus.

Lumba – lumba banyak menginspirasi ilmuwan dalam pengembangan teknologi terkini seperti perancangan baju renang karena kulitnya yang dapat memperkecil hambatan air.

Pembuatan radar kapal selam dibuat berdasarkan sistem sonar pada lumba – lumba yang memungkinkan mamalia tersebut tak terkena benturan benda – benda di depannya.

Lumba – lumba memiliki kebiasaan unik yaitu jarang sekali tidur, sebab ia bisa tenggelam. Lumba – lumba dapat tidur dengan satu bagian otaknya, sementara otak sebelahnya tetap aktif untuk berenang.

Nah, apa saja hal unik dan menarik dari Lumba – Lumba?

1. Lumba –lumba melihat dengan suara

Lumba – lumba sangat mengandalkan suara saat menjalani kehidupannya seperti menggunakan suara untuk mencari arah makanan.

Mamalia ini akan mengeluarkan suara dan menggunakan pantulannya  untuk mencari ikan – ikan kecil sebagai makanannya. Bila gendang telinga lumba – lumba rusak maka ia akan muncul ke permukaan laut dan berenang tak tentu arah.

READ:  Bagaimana Cara Sel Telinga Memperbarui Dirinya?

2. Suka membantu nelayan

Ikan lumba – lumba benar – benar cerdas, mereka sering membantu nelayan menangkap ikan dengan cara menuntun ikan masuk ke dalam jaring nelayan. Di Brasil, jenis lumba – lumba hidung botol akan memberikan tanda kepada nelayan bila jaringnya telah penuh dengan ikan.

3. Dapat mendeteksi bom dan ranjau

Angkatan laut Amerika memanfaatkan lumba – lumba untuk mendeteksi bom dan ranjau di dalam laut. Kamera video kecil dipasang di sirip lumba – lumba untuk melihat kondisi di dalam laut, sehingga militer tidak perlu lagi mengirimkan penyelam untuk mengamati bagian dasar laut.

4. Mampu menyembuhkan dirinya sendiri dari luka

Michael Zasloff, peneliti dari Georgetown University Medical Center menemukan bahwa lumba – lumba yang mengalami luka gigitan hiu dapat sembuh sendiri dalam waktu seminggu tanpa menyebabkan pendarahan.

Menurut para ilmuwan, kulit lumba – lumba dan lemaknya mengandung senyawa antibakteri sehingga mencegah terjadinya infeksi. Kemampuan hebat lumba – lumba ini menyebabkan mereka dapat mengganti jaringan baru dengan sempurna hanya dalam waktu seminggu.

READ:  10 Kemampuan Anak Indigo

5. Memiliki mata tercanggih

Saat ini belum ada teknologi yang menyamai kemampuan mata tercanggih dari lumba – lumba.

Lumba – lumba memiliki 2 buah mata di mana mata yang satu digunakan untuk menentukan arah saat berenang, sedangkan mata lainnya digunakan untuk berjaga –jaga dari serangan pemangsa seperti hiu.

**

Itulah 5 keajaiban lumba – lumba lain yang jarang kita ketahui, mari selamatkan lumba – lumba dari kepunahan.

(foto : www.indonesiadalamtulisan.com)