7 Jenis Makanan untuk Rambut Sehat

Loading...

tips rambut sehatRambut yang Anda pamerkan adalah apa yang Anda makan. Makanan yang masuk ke tubuh mempengaruhi kesehatan pori-pori rambut.

Kita semua menginginkan rambut yang sehat dan berkilau.

Jika Anda berpikir rambut Anda terlalu kusam, lepek dan tidak bercahaya, maka saatnya Anda melakukanl perawatan ekstra untuk rambut Anda.

Rambut kita perlu dimanjakan sebagaimana halnya kulit. Menurut para ahli, olahraga dan diet adalah kombinasi dua hal penting yang membuat rambut menjadi lebih sempurna.

Berikut tujuh jenis makanan yang dapat menyehatkan rambut Anda.

1. Whole-Grain

Whole-grain adalah produk makanan sereal yang menggunakan biji-bijian utuh minimal 51 %, misalnya roti, tepung, gandum dan beras.

Whole-grain mengandung serat tinggi, seng, vitamin B1, B2 dan B6. Makanan ini menyediakan makanan bagi kulit kepala dan pori-pori akar rambut. Jika Anda ingin rambut sekaligus tubuh yang sehat, makanlah gandum utuh dalam porsi yang seimbang.

2. Telur dan Daging

Pakar diet dan dermatologis akan memberikan saran untuk memasukan telur dan ayam di dalam diet Anda, karena dua jenis makanan ini mengandung protein tinggi yang dibutuhkan oleh rambut. Protein yang cukup akan membantu pertumbuhan rambut sehat, kuat dan bercahaya.

READ:  Nutrisi Penting Untuk Perawatan Rambut

Jika rambut Anda tidak sehat dan rapuh, masukan protein yang cukup ke dalam makanan Anda. Makanan kaya protein lainnya, seperti telur, kalkun dan ayam dapat mengurangi kerusakan dan kerontokan rambut.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau memiliki banyak manfaat bagi rambut. Mengkonsumsi sayuran hijau membuat rambut Anda lebih sehat dan berkilau.

Cara ini sangat sederhana. Cobalah memasukan sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, seledri, dan daun bit ke dalam menu makanan Anda. Sayuran ini kaya akan zat besi, vitamin dan zat kapur yang penting bagi asupan pertumbuhan rambut Anda.

Jika Anda ingin memanjangkan rambut Anda, mengonsumsi banyak sayuran harus dilakukan. Sayuran hijau juga membantu menyeimbang pH tubuh Anda.

4. Polong-Polongan

Jika Anda berpikir rambut Anda rapuh, maka rambut Anda mungkin kekurangan Biotin yang banyak terkandung di dalam kacang polong seperti lentil dan kedelai.

Bahan makanan ini juga mengandung protein dan vitamin yang merangsang produksi keratin. Selain itu, kacang polong juga mengandung biton dan mineral seperti zat besi dan seng yang membuat rambut menjadi luwes dan kuat.

READ:  Ternyata Memperbaiki Rambut Rusak bisa Menggunakan Mayonaise!

5. Ikan

Ikan kaya akan omega-3, vitamin D dan E. Ikan terkenal sebagai makanan terbaik untuk pertumbuhan dan regenerasi rambut. Makanan ini membantu merawat kesehatan kulit kepala dan memastikan pertumbuhan rambut yang kuat berkilau.

Kesehatan kulit kepala berhubungan langsung dengan kesehatan rambut. Masukkan ikan ke dalam diet Anda untuk mendapatkan kulit kepala yang bersih.

6. Kacang

Kacang biasanya dikenal sebagai camilan alami yang mengenyangkan. Namun, kacang-kacangan, seperti kenari, almond dan kacang tanah merupakan sumber bahan makanan yang efektif mencegah kerusakan rambut dan membantu pertubuhan rambut.

Makanan ini kaya akan seng dan selenium yang mencegah gejala kerusakan rambut, seperti rambut pecah-pecah, kusam dan rontok. Jika Anda ingin memiliki rambut jatuh, berkilau dan tebal, makanlah kacang-kacangan mentah untuk hasil terbaik.

7. Alpukat

Alpukat adalah buah ajaib untuk kesuburan rambut. Kombinasi alpukat dan telur menghasilkan perawatan rambut yang luar biasa.

Tambahkan alpukat ke dalam diet Anda untuk rambut indah, panjang dan berkilau. Anda bisa mecoba resep orak-arik telur yang dicampur dengan sayuran hijau, seperti bayam dan seledri. Lalu, hidangkan orak-arik telur bersama dengan alpukat matang.

READ:  Umbi Kentang Dan Khasiatnya Untuk Tubuh Sehat

(foto: Thinkstock)