Manfaat Kesehatan Kacang Kenari

Loading...

manfaat kacang kenariStudi di masa lalu memang telh menetapkan manfaat kesehatan dari diet yang diperkaya dengan kacang kenari, yaitu memperlambat pengembangan kanker payudara.

Akan tetapi belum banyak penelitian untuk mengungkapkan kanker apalagi yang bisa dihambat pertumbuhannya oleh kacang kenari.

Pencegahan Kanker Prostat

Sebuah tim peneliti dari School of Medicine di University of Texas Health Science Center di San Antonio sekarang telah menambahkan pencegahan kanker prostat ke dalam daftar manfaat kesehatan dari kacang kenari.

“Data sampai saat ini menunjukkan bahwa menggunakan kacang kenari secara teratur dalam diet mungkin bermanfaat untuk menangguhkan, mencegah atau menunda beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara dan prostat,” kata Russel Reiter, Ph.D., penulis senior studi dan profesor biologi seluler dan struktural di Health Science Center, seperti dilansir dari Medical Daily.

Reiter dan rekan-rekannya membentuk dua kelompok kontrol hewan, termasuk 16 tikus yang diberi makan makanan lengkap dengan kacang kenari yang digiling menjadi bubuk sehingga mereka tidak hanya makan kacang-kacangan dan kelompok kontrol 32 tikus yang diberi makan makanan tanpa kenari.

READ:  10 Makanan yang Akan Memperbaiki Mood Anda

“Porsi kenari tidak dalam persentase besar dari makanan,” kata Reiter. “Ia setara dengan makaann manusia sekitar 2 ons, atau dua genggam, sehari, yang artinya tidak banyak kacang kenari.”

Hasil analisis menunjukkan bahwa hanya tiga dari tikus yang diberi makan makanan yang diperkaya kacang kenari yang mengembangkan tumor prostat dibandingkan dengan 14 dari tikus yang tidak diberi makan kacang kenari. Para peneliti juga mencatat bahwa tikus yang diberi kacang kenari menampilkan tumor prostat seperempat dari ukuran yang ditampilkan oleh tikus yang tidak diberi makan kacang kenari.

“Kami menemukan hasil yang menakjubkan karena ada begitu sedikit tumor pada hewan yang mengkonsumsi kacang kenari dan tumor ini tumbuh jauh lebih lambat dari pada hewan lainnya,” tambah Reiter.

“Kami benar-benar terkejut dengan betapa sangat efektif kacang kenari dalam hal penghambatan kanker prostat manusia.”

Rekan penulis studi W. Elaine Hardman, Ph.D., dari Joan C. Edwards School of Medicine di Marshall University, juga terlibat dengan suatu penelitian pada tahun 2011 yang meneliti efek dari makanan yang kaya kacang kenari pada kanker payudara.

READ:  Jenis Kacang Terbaik Bagi Penderita Jantung

“Makanan adalah obat yang penting dalam diet kita. Apa yang kita masukkan ke dalam tubuh kita membuat perbedaan besar – menentukan bagaimana fungsi tubuh, reaksi kita terhadap penyakit dan perihal sederhana menyangkut kesehatan benar-benar bekerja:. Makan dengan benar, bangun dari sofa, dan mematikan TV,” kata Hardman.

“Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi kacang kenari dapat menjadi bagian dari diet sehat dan mengurangi resiko kanker pada generasi mendatang.”

Manfaat Kacang Kenari

Nah, bukan itu saja. Berikut adalah manfaat kacang kenari yang kami rangkum dari Times of India:

– Kacang kenari merupakan sumber yang kaya lemak omega-3 dan asam alfa linoleat (ALA) yang dikenal untuk meningkatkan fungsi arteri.

– Ia mengandung sifat anti-oksidan yang membantu dalam mencegah kanker.

– Diyakini bahwa konsumsi kacang kenari sebagai bagian dari makanan sehari-hari membantu dalam pencegahan batu empedu.

– Lemak tak jenuh tunggal dalam kacang kenari membantu dalam menurunkan kolesterol jahat dan lipoprotein, suatu senyawa yang dapat menyebabkan aterosklerosis dengan meningkatkan pembekuan darah.

READ:  Mengkonsumsi Kacang-Kacangan Bermanfaat Bagi Tubuh

– Asam amino esensial yang disebut L-arginin, yang hadir dalam kenari, akan dikonversi menjadi oksida nitrat yang membantu dalam meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Hal ini juga mencegah arteri dari penyempitan dan mencegah akumulasi deposit lemak di dinding arteri.

– Kacang kenari sering disebut sebagai ‘makanan otak’. Itu karena ia merupakan sumber yang kaya asam lemak omega-3 yang memainkan peran utama dalam fungsi optimal dari sel-sel otak, membuat Anda lebih pintar.

– Melatonin, senyawa yang ditemukan dalam kacang kenari sangat membantu dalam mempromosikan tidur yang baik dan karena itu mengurangi insomnia dan gangguan tidur lazim lainnya.