5 Aplikasi Android Untuk Melejitkan Produktivitas Kerja

Loading...

produktif dengan gadgetBagaimana Anda biasa memanfaatkan fungsi gadget Android? Untuk bermain game? Angry Bird? Where is My Water?

Atau mungkin untuk update akun media sosial? Platform populer seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram termasuk yang kompatibel dengan Android.

Namun, tak sedikit pula yang menggunakan Android untuk menunjang kepentingan pekerjaan. Ukuran perangkatnya yang sedang serta sifatnya yang multifungsi menjadikan Android praktis untuk dibawa ke mana-mana.

Beberapa aplikasi android berikut ini dapat menghemat waktu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Berikut ini 5 aplikasi Android untuk melejitkan produktivitas kerja sebagaimana diolah dari rilis AndroidAuthority.

1. Juice Defender

Jika Anda banyak mengandalkan Android untuk pekerjaan, maka di saat perangkat mati kehabisan baterai tentu akan sangat mengganggu. Terlebih bila Anda lupa membawa charger. Jika saja ada cara untuk menghemat baterai sehingga perangkat Anda bertahan lebih lama tentu akan bermanfaat bukan?

Di sinilah peran sebuah aplikasi bernama Juice Defender. Aplikasi ini memungkinkan penggunaan setiap sisa tenaga baterai ‘diperas’ melalui beragam fitur yang dimilikinya.

Kebanyakan opsi aplikasi ini ditujukan untuk mengatur konektivitas, namun terdapat pula pengaturan tingkat lanjut lainnya untuk yang membutuhkan akses root.

READ:  7 Cara Sederhana Menjadi Super Produktif dalam Pekerjaan

Bagaimanapun, tetap saja mesti berhati-hati, karena pengaturan konektivitas yang salah bisa mengakibatkan baterai Anda cepat habis terkuras.

2. Kingsoft Office

Jika Anda menginginkan fungsi Office yang gratis, di sinilah letak keunggulan Kingsoft Office. Selain bisa diunduh dengan gratis, aplikasi ini mendukung fungsi Word, Powerpoint, juga Excel.

Kingsoft Office memiliki banyak fitur dan pilihan yang mampu dioperasikan dengan simpel seperti mengontrol dokumen, spreadsheet, dan juga presentasi.

Navigasi aplikasi ini juga tergolong mudah hingga terasa natural. Jadi, kalau Anda mencari aplikasi Office yang gratis, Kingsoft Office layak dicoba, lagipula apa ruginya mencoba?

3. Lecture Notes

Tidak semua orang memiliki kecepatan mengetik yang di atas rata-rata. Malah kebanyakan hanya menggunakan dua jari telunjuk yang disebut gaya sebelas jari. Untuk itu diperlukan aplikasi notes yang memungkinkan kita mencatat dengan cepat.

Tidak seperti kebanyakan aplikasi notes yang menggunakan fungsi mengetik untuk mencatat, Lecture Notes memungkinkan Anda menggunakan stylus atau menggambar dalam membuat catatan.

Jika ditilik dari fungsi produktivitas hal ini condong lebih tepat dikarenakan kita yang terbiasa membuat coretan cepat dengan tangan akan lebih mudah melakukannya dengan Lecture Notes.

4. Root Explorer

Dalam kondisi berantakan, produktivitas condong menurun. Jika Anda memanfaatkan Android untuk banyak pekerjaan seperti transfer file, sangat penting memiliki cara yang praktis untuk menemukan file dalam perangkat Anda.

READ:  Mengapa Istirahat Baik untuk Otak?

Root Explorer akan mempermudah melakukan hal tersebut. Tanpa akses root, aplikasi ini merupakan penjelajah file yang sangat bagus dengan sejumlah fitur. Sedangkan jika Anda memiliki akses root, Root Explorer merupakan penjelajah file terbaik yang tersedia di Android.

Sesuai namanya, Anda akan mendapatkan banyak fitur untuk perangkat dengan root. Jika Anda tak memiliki root dan tak tertarik dengan rooting sama sekali, jangan buru-buru menghilangkan aplikasi ini, karena Anda masih bisa mendapatkan banyak hal dari aplikasi ini dimana ia memiliki antarmuka yang sederhana dan dapat menangani file seperti zip dan tar.

Visualnya memang bukan yang terbaik, tapi hal itu tak terlalu penting. Lagipula Anda hanya memerlukannya untuk browsing file saja.

5. Time Recording

Android Authority mendeskripsikan Time Recording menyerupai kartu yang kita masukkan ke dalam slot mesin absensi setiap harinya, Lembar waktu dari Time Recording berfungsi hampir mirip seperti itu. Sangat penting memiliki aplikasi clock-in dan clock-out yang lengkap dengan berbagai macam fitur.

READ:  6 Aplikasi Android Terbaik untuk Pecinta Buku

Aplikasi ini sangat sempurna untuk mereka-mereka yang bekerja dengan jam yang tidak teratur atau mereka yang perlu melacak seberapa lama waktu mereka bekerja.

Terdapat pula fitur untuk membuat arsip dan mengirim catatan waktu Anda k emanapun, sehingga jika ini merupakan hal yang Anda perlukan, aplikasi ini akan membuat pekerjaan Anda bisa terselesaikan.

***

Demikian 5 aplikasi Android untuk melejitkan produktivitas Anda. Selain membantu produktivitas, Anda pun akan lebih terbantu untuk menghemat waktu dengan pengorganisasian dan kemudahan yang ditawarkan dari kombinasi aplikasi-aplikasi tersebut. Selamat bekerja!

(Foto: timemanagementninja.com )