Fakta Menarik tentang Gigitan Nyamuk

Loading...

fakta gigitan nyamukSiapa saja pasti akan merasa tidak nyaman dengan gigitan nyamuk, karena akan menimbulkan rasa gatal pada kulit Anda.

Ggitan nyamuk akan meninggalkan bekas kemerahan pada kulit yang bisa membuat Anda kehilangan rasa percaya diri. Hal yang paling parah adalah bahwa gigitan nyamuk berpotensi menularkan penyakit berbahaya.

Nah, ternyata di balik gigitan nyamuk yang kadang menyerang Anda, ada beberapa fakta menarik yang perlu Anda ketahui tentang gigitan nyamuk itu sendiri:

Nyamuk menyukai tubuh yang berkeringat

Nyamuk menghinggapi Anda bukan karena tertarik oleh bau darah sedap yang menggiurkan, akan tetapi karena karbondioksida yang dikeluarkan dari tubuh Anda.

Semakin banyak keringat yang Anda keluarkan, maka Anda akan semakin menarik bagi seekor nyamuk. Biasanya nyamuk akan menghinggapi Anda saat setelah melakukan olahraga, karena pada saat itulah tubuh Anda mengeluarkan keringat yang banyak.

Nyamuk yang menggigit adalah nyamuk betina

Jenis nyamuk yang menggigit Anda hanyalah jenis nyamuk betina. Nyamuk jantan tidak pernah menghisap darah manusia karena nyamuk jantan tidak membutuhkan darah manusia, mereka hanya butuh untuk mendapatkan nutrisi dari nektar.

READ:  6 Drama Jepang Adaptasi Manga Wajib Tonton

Disamping itu, nyamuk betina menghisap darah karena memerlukan protein untuk membantu pengembangan telur-telur nyamuk yang berjumlah ratusan.

Nyamuk menyukai bir

Jangan menganggap bahwa nyamuk suka meminum bir secara langsung. Hal ini berarti nyamuk senang menyerang orang-orang yang sering meminum bir.

Ketika Anda mengkonsumsi bir, akan terjadi perubahan senyawa kimia tertentu di dalam tubuh Anda. Hal itulah yang membuat nyamuk tertarik menghisap darah Anda.

Nyamuk menyukai kaki yang bau

Penelitian telah menunjukkan bahwa kaki yang mengeluarkan aroma bau akan lebih menarik bagi seekor nyamuk.

Nyamuk menyukai orang yang berdiri paling pinggir

Ketika Anda berada dalam kerumunan, hindari posisi berada paling pinggir. Nyamuk akan lebih mudah menjangkau orang yang berada di pinggir dibandingkan dengan mereka yang berada di tengah.

Nyamuk tidak menyukai taman yang terawat

Taman sangatlah identik dengan tempat berkumpulnya nyamuk. Namun saat taman Anda terawat rapi dan bersih, maka jumlah nyamuk akan berkurang dengan sendirinya.

Maka dari itu sebaiknya rawatlah taman Anda secara rutin. Pangkas tanaman yang tumbuh tidak beraturan. Dan sebisa mungkin kuras kolam Anda secara rutin.

READ:  Kata-Kata Bijak Lucu dan Menghibur Ala Mario Teguh

Jangan gunakan alat “pemancing” nyamuk

Alat pemancing nyamuk yang mengeluarkan karbondioksida untuk memerangkap nyamuk akan membuat jumlah nyamuk semakin banyak. Karbondioksida yang dikeluarkan alat pemancing akan mengundang semakin banyak nyamuk untuk datang.

Nyamuk menyukai wanita hamil

Ketika Anda sedang hamil, tubuh akan mengeluarkan karbondioksida yang lebih banyak, apalagi pada daerah sekitar perut. Hal ini menyebabkan nyamuk akan lebih tertarik pada wanita yang sedang hamil.

**

Saat Anda menjadi sasaran gigitan nyamuk, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa bahan alami yang tidak memiliki efek samping. Misalnya es, terapi dingin ini akan meredakan rasa gatal yang diakibatkan nyamuk serta mencegah terjadinya pembengkakan.

Selain es, cuka, madu serta baking soda juga dapat Anda andalkan untuk mengatasi gigitan nyamuk.

(foto: totalmosquitocontrol.com)