Wisata Kuliner di Lombok yang Wajib Dicicipi!

Loading...

kuliner lombokLombok memang menawarkan potensi wisata yang menggiurkan dengan berbagai destinasi wisata yang unik.

Wisata kuliner di Lombok merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh setiap wisatawan terutama mereka yang gandrung dengan pelbagai makanan khas nusantara.

Beberapa makanan citarasa Lombok ini wajib anda cicipi sembari menikmati indahnya pulau di wilayah Timur Indonesia ini.

1. Nasi Balap Pucung

Yang pertama dan unik dari Lombok adalah nasi balap pucung, salah satu makanan yang bisa membuat Anda ketagihan. Nasi ini berisi suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng.

Jangan dilihat dari tampilannya ya, karena meskipun tampilan menu basi balap pucung ini tidak terlalu istimewa namun rasa pedasnya benar-benar membuat anda ingin nambah seporsi lagi dan lagi.

Anda bisa menemukan nasi balap pucung cap Inaq Esun di Desa Puyung, Lombok Tengah. Sementara kalau Anda sedang berjalan-jalan di seputaran Plaza Senggigi, terdapat dua cabang nasi balap pucung cap Inaq Esun di sana. Tempat tersebut cukup ramai karena yang paling terkenal di Lombok.

READ:  7 Makanan Unik Kota Tasikmalaya

2. Bebalung

Wisata kuliner di Lombok berikutnya adalah Bebalung. Makanan ini terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu yang terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas dan kunyit plus jahe.

Biasanya Bebalung disajikan ke dalam mangkok dengan taburan bawang merah goreng untuk menambah cita rasa. Keistimewaan Bebalung adalah karena dagingnya amat lunak sehingga anda tak perlu menggigit kuat-kuat, dagingnya akan mudah tlepas dari tulangnya.

Depot Bebalung yang paling rame dan  selalu disesaki pengunjung yang antre untuk menikmati makanan ini adalah depot Kelebet di belakang kantor gubernur NTB tepatnya di jalan HOS Cokroaminoto, Lombok.

3. Beberuk Terong

Bagi pecinta terong, menikmati wisata kuliner di Lombok belum lengkap tanpa menyantap beberuk terong. Makanan yeng merupakan sejenis lalapan ini selalu menjadi pasangan ketika menyantap ayam taliwang.

Beberuk terong terdiri dari terong ungu yang dipotong dadu dan tomat disiram dengan bumbu halus yang merupakan campuran dari cabe merah keriting, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, kencur, terasi bakar, gula pasir, garam dan minyak goreng. Tambah dengan perasan jeruk limau di atasnya untuk rasa yang segar.

READ:  Wajib Coba 5 Lokasi Kuliner Berbeda di Jakarta

Wuih rasanya bikin lidah seakan tak mau berhenti untuk terus mengunyah.

4. Sate Rembiga

Begitu juga dengan menyantap Sate Rembiga yang mendatangkan sensasi tersendiri ketika menjajal sensasi wisata kuliner di Lombok lainnya. Sate yang berbahan utama sapi ini sangat lezat karena perpaduan rasa antara gurih, manis dan pedas.

Awal mula sate ini berasal dari desa Rembiga yang berada di dekat bekas bandara Selaparang, yang kemudian dikenal dengan nama sate Rembiga.

Jika ingin menyantap rasa sate Rembiga yang masih asli, Anda bisa datang ke Warung Rembiga di jalan Dakota nomor 2 Rembiga. Warung ini letaknya agak masuk dari jalan raya, sudah berdiri sejak 25 tahun lalu.

**

Untuk itu, jangan sampai terlewatkan untuk mendatangi sejumlah tempat di atas dan mencicipi pelbagai sajian kuliner khas Lombok yang tentunya tak bisa dijumpai di kota lainnya. Rasakan dan resapi setiap sajian masakan yang disuguhkan untuk mendapatkan nilai rasa yang sesungguhnya.

Jangan sampai menyia-nyiakan keberadaan Anda di Lombok dengan tidak menjelajahi kekayaan dunia kulinernya sehingga kunjungan Anda akan semakin lengkap dan komprehensif. Kapan lagi bisa makan khas Lombok di daerah yang terkenal dengan keindahannya. Mengagumkan!

READ:  Tips Berbelanja Murah di Pasar Tradisional

(foto: lomboktravelnet.com)