Atasi Insomnia dengan Makanan Sehat

Loading...

insomniaBagi anda yang susah tidur dan seringkali terbangun di pertengahan malam mungkin saja disebabkan oleh beberapa faktor.

Kurangnya asupan nutrisi penting yang kita komsumsi sehari-hari merupakan salah satu faktor yang  juga dapat menyebabkan penyakit imsomnia (susah tidur).

Jangan berlarut-larut membiarkan diri anda menjadi gelisah dan tidur yang tidak nyenyak. Tidur yang tidak berkualitas akan berakibat buruk pada aktivitas sehari-hari anda dan juga berpengaruh pada mood anda menghadapi hari.

Kami berbagi informasi jenis-jenis makanan yang apabila dikomsumsi secara teratur akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak:

Pisang

Bisa dikatakan pisang inilah salah satu jenis buah terkompleks dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Alasan mengapa pisang ini bisa membuat tidur kita menjadi nyenyak yakni karena kandungan magnesium, tryptophan dan kalium yang saling menyatu dan kompleks sehingga membuat tubuh menjadi lebih tenang dan menjadi rileks.

Anggur

Mengkomsumsi anggur juga bisa membuat tidur anda menjadi nyenyak. Pasalnya anggur merupakan buah yang mampu memproduksi hormon yang mampu mengatasi masalah insomnia, hormon yang diproduksinya itu disebut melatonin.

READ:  Insomnia Selama Kehamilan

Hormon inilah yang akan mengeluarkan dan memberikan efek penenang bagi tubuh untuk lebih rileks pada saat istirahat.

Keju

Pada keju terdapat tryptophan yang sangat berfungsi dalam hal merilekskan saraf-saraf tubuh. Senyawa tryptophan ini merupakan salah satu jenis asam amino yang memberikan efek menenangkan sehingga mampu mengatasi masalah kurang tidur.

Almond

Pada kacang almond terdapat kandungan magnesium (Mg) yang berfungsi dalam hal peregangan otot sehingga pada saat ingin tidur anda akan merasa lebih rileks.

Selain itu kacang almond ini kaya akan protein yang khasiatnya setara dengan produksi hormon insulin karena protein dalam almond mampu menjaga kestabilan kadar gula darah.

Roti bakar

Makan roti bakarpun bisa membuat tidur menjadi nyenyak. Pada saat anda mengkomsumsi makanan ini, saraf akan memberikan perintah pada tubuh untuk memperoduksi insulin.

Hormon insulin inilah yang pada akhirnya akan mengeluarkan tryptophan serta serotonin yang memberikan efek menenangkan sehingga membuat anda tidur dengan pulasnya.

**

Itulah informasi mengenai makanan yang bisa mengatasi masalah insomnia anda. Namun ingat satu hal jangan mengkomsumsi makanan melewati batas waktu jam 20.00 sekalipun itu buah karena pada saat itu lambung anda dalam kondisi istirahat sehingga akan memperlambat proses pencernaan dan bisa memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan.

READ:  Makanan Yang Dapat Membantu Menghilangkan Insomnia

Semoga artikel ini bermanfaat.

(foto: mirror.co.uk)