Waspadai Efek Samping Penggunaan Gadget

Loading...

bahaya menggunakan gadgetSaat ini gadget merupakan alat yang hampir dimiliki siapa saja, paling tidak seseorang memiliki satu ponsel dan akan menatapnya sebanyak kurang lebih 150 kali dalam sehari.

Namun orang-orang sepertinya belum begitu sadar bahwa gadget bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Merusak Mata

Ketika Anda sudah merasa sangat ketergantungan dengan gadget, jangan heran bila Anda pernah merasa mata perih dan terasa lelah saat sedang melihat ponsel. Jika Anda terus-menerus memaksa mata Anda untuk menatap gadget, maka mata Anda akan kering bahkan bisa menyebabkan terjadinya infeksi.

Oleh karena itu remaja atau anak-anak yang menatap gadget terlalu sering, dapat mengakibatkan gangguan penglihatan di kemudian hari.

Jadi untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya mulailah ubah font dalam ponsel Anda ke dalam ukuran font yang lebih besar. Jangan paksakan mata Anda terbuka lebar hanya karena font dalam gadget Anda terlalu kecil. Sangat diperlukan pencahayaan yang cukup saat menggunakan gadget, jadi hindari tempat yang gelap.

Mengubah Postur Tubuh

Sadar atau tidak, postur tubuh Anda secara otomatis akan bereaksi akan kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari. Sebagai contoh, jika Anda sering melihat gadget, maka leher dan pundak Anda akan terkena efek buruk.

READ:  Homeopati, Apakah itu?

Saat Anda melakukan terlalu banyak interaksi dengan gadget, Anda akan mengalami masalah dengan leher dan pundak. Tulang belakang pun akan terkena efek karena postur tubuh yang selalu membungkuk, berlanjut ke bagian belakang kepala sehingga sering membuat kepala Anda sering terasa pusing dan lelah.

Kulit Wajah Kendur

Penyebab utama kulit wajah yang kendur adalah karena elastisitas kulit yang menurun. Namun kebiasaan berinteraksi dengan gadget menjadi salah satu faktor pendukung yang membuat kulit Anda menurun kualitasnya.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya cobalah untuk melihat gadget Anda persis di hadapan Anda, jangan melihatnya dalam posisi lebih rendah daripada pundak Anda untuk menghindari Anda menunduk.

Mengganggu Pendengaran

Saat menggunakan gadget, teman terbaik yang wajib digunakan adalah headphone, apalagi ketika sedang mendengarkan musik. Namun, jika menggunakannya secara terus-menerus, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda, terutama jika volume-nya terlalu besar.

Jadi, jangan menggunakan headphone terlalu sering, dan dengarkan dengan volume yang sedang-sedang saja. serta jangan menggunakannya dalam jangka waktu yang terlalu lama.

READ:  Apa dan Bagaimana Terapi Aspirin

Mengganggu Saat Istirahat

Laptop, komputer dan ponsel akan memberikan pengaruh terhadap hormon melatonin yang dapat membuat waktu istirahat Anda terganggu. Saat menggunakan gadget pada malam hari, aturlah pencahayaannya serendah mungkin agar tidak begitu mengganggu. Selain itu saat tidur, jauhkan gadget Anda sejauh mungkin.

Merusak Hubungan dengan Pasangan

Keseringan berinteraksi dengan gadget dapat membuat Anda pasif dalam menjalin hubungan dengan pasangan. Memberi perhatian berlebih pada gadget saat bersama pasangan akan membuat Anda merasa kesepian dan bisa saja hal ini menjadi faktor yang menyebabkan hubungan Anda dengan pasangan menjadi hancur.

**

Demikianlah efek samping terlalu sering menggunakan gadget, yang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh dan kehidupan sosial Anda. Jadi mulai sekarang batasilah interaksi Anda dengan sebuah gadget agar kesehatan Anda bisa tetap terjaga dengan baik.

(foto: wired.com)