Cara Praktis Membersihkan Alat-Alat Rias

Loading...

alat riasBagi wanita, alat rias tentunya tak asing lagi. Alat-alat rias kita gunakan untuk membantu aplikasi rias untuk hasil yang lebih maksimal dan sempurna.

Beberapa jenis make up juga memerlukan bantuan alat rias dalam penggunaannya.

Bermacam-macam alat rias seperti kuas, spon hingga yang berbahan logam sering kita gunakan berkali-kali hingga tampak kotor dan kasar.

Kuas misalnya, mulai dari kuas kecil untuk membantu penggunaan eyeliner dan eyeshadow hingga kuas besar, jika tidak sering dibersihkan, selain kotor, kita akan kesulitan mendapatkan warna yang bagus karena warna sebelumnya masih tertinggal pada kuas.

Menjaga kebersihan alat-alat rias sama pentingnya dengan menjaga kebersihan wajah. Perawatan wajah yang baik namun jika tidak diimbangi dengan alat-alat rias yang bersih dan steril akan menimbulkan beberapa masalah kulit wajah seperti jerawat dan wajah kusam.

Namun demikian, membersihkan alat rias juga terbilang tidak mudah. Terkadang kita hanya membersihkannya dengan cara ditepuk-tepuk atau meniupnya. Dengan cara ini, alat make up terlihat bersih secara kasat mata, namun tidak steril dari kuman dan bakteri.

READ:  10 Tips Tampil Cantik di Kantor

Untuk anda yang sering menggunakan alat rias dalam aplikasi make up sehari-hari, berikut tips dan cara untuk tetap menjaga alat rias tetap bersih dan steril.

1. Tisu basah anti bakteri

Pilihlah tisu basah anti bakteri yang biasa digunakan untuk membersihkan tangan atau wajah. Dengan kandungan anti bacterial, tisu basah ini dapat anda gunakan pula untuk membersihan kuas-kuas rias yang berukuran kecil.

Caranya mudah. Lipat tisu basah hingga menjadi tebal dan tekan kuas pada tisu hingga warna yang tertinggal keluar. Ulangi hingga bulu kuas menjadi bersih dan tidak mengeluarkan warna.

Cara ini cukup praktis untuk membersihkannya setelah digunakan, maupun untuk memperoleh warna yang tidak tercampur.

2. Baby shampoo

Anda juga dapat mencuci dan membersihkan berbagai ukuran kuas maupun spon dengan menggunakan shampo bayi.

Tuangkan shampo secukupnya dalam wadah air dan rendam alat-alat rias sesaat. Setelah itu cuci bulu-bulu kuas hingga bersih. Bilas dengan air bersih untuk menghilangkan busa dan keringkan.

3. Air hangat

Air hangat juga bermanfaat untuk menghilangkan kuman yang ada pada alat-alat rias. Untuk hasil maksimal dan lebih steril, anda dapat menambahkan cairan anti kuman.

READ:  Lupa Bawa Blush On dan Lipstick Matching? Ini Solusinya!

Caranya serupa dengan mencuci dengan shampo bayi. Rendam dan cuci alat-alat rias lalu keringkan.

4. Sabun cair dan minyak zaitun

Fungsi sabun adalah menghilangkan sisa-sisa minyak dan juga melarutkan sisa-sisa warna yang tertinggal pada alat-alat rias. Sedangkan minyak zaitun berfungsi untuk menjaga kelembutan dan merawat alat-alat rias.

Anda dapat mencampurkan sabun cair dan minyak zaitun ke dalam air dan mencuci alat rias hingga bersih.

5. Alkohol

Untuk alat rias berbahan logam seperti pencabut alis, anda dapat membersihkannya dengan alkohol hingga kuman dan bakteri yang tertinggal hilang.

Tips tambahan dalam membersihkan alat rias adalah dengan memastikannya kering sebelum digunakan. Anda dapat mengeringkannya dengan cara diangin-angin.

Alat-alat rias yang tak sepenuhnya kering akan menjadi lembab dan cepat menjadi kotor, sehingga menjadi tidak cukup steril untuk digunakan. Simpan juga alat-alat rias anda di tempat yang kering dan rajin-rajinlah membersihkannya secara rutin.

Dengan penggunaan alat-alat rias yang bersih, aplikasi riasan akan lebih maksimal, dan kebersihan wajah kita pun lebih terjaga.

READ:  Tips Make-Up Sederhana Untuk Wanita Sibuk

 (foto: webphunu.net)