Makanan Kaya Vitamin D untuk Tulang Kuat

Loading...

tulang sehat kuatAnda akan jarang mendengar orang-orang berbicara tentang makanan yang kaya akan vitamin D. Mengapa?

Karena sangat sedikit sumber makanan vitamin D yang tersedia bagi kita. Vitamin D idealnya diproduksi dalam tubuh saat Anda terkena sinar matahari.

Namun gaya hidup modern sekarang ini kadang menjadi alasan yang membuat kita sulit untuk memperoleh sinar matahari yang cukup.

Itulah sebabnya, tidak ada pilihan lain selain mencari tahu makanan seperti apa yang menjadi sumber vitamin D terbaik. Kesehatan tulang Anda sangat tergantung pada konsumsi vitamin D.

Kalsium dibutuhkan oleh tulang agar tetap kuat. Namun tanpa kehadiran vitamin D, tulang Anda mungkin saja terancam kesehatannya. Jadi, mutlak hukumnya untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D.

Untuk membantu Anda, di bawah ini adalah beberapa makanan sumber vitamin D terbaik untuk tulang yang kuat:

Jamur

Jamur dikenal sebagai sumber vitamin D terbaik. Memiliki konsentrasi nutrisi yang tinggi dan juga kaya akan mineral dan protein. Mengkonsumsi jamur merupakan salah satu pilihan sehat yang dapat Anda lakukan.

READ:  3 Suplemen Yang Paling Anda Butuhkan

Minyak Hati Ikan Cod

Merupakan suplemen minyak ikan yang diekstraksi dari jenis ikan cod. Tersedia dalam bentuk kapsul dan sangat baik untuk memenuhi asupan vitamin D dalam tubuh Anda.

Ikan Tuna

Selain omega-3 dan protein, ikan tuna juga memiliki kandungan vitamin D yang tinggi. Cobalah untuk mengkonsumsi ikan tuna segar, bukan yang kalengan, karena mengandung jumlah sodium yang tinggi.

Telur

Telur mengandung vitamin D, terutama bagian kuning telurnya. Mengkonsumsi telur saja sebenarnya tidak cukup dalam hal pemenuhan vitamin D dalam tubuh, oleh karena itu santapan ini sebaiknya dibarengi dengan makanan lain yang juga mengandung vitamin D.

Caviar

Caviar merupakan salah satu makanan yang paling mahal di dunia. Merupakan telur ikan yang memiliki kelezatan luar biasa. Caviar kaya akan vitamin D dan sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Jadi jika Anda tertarik mencobanya dan merasa mampu untuk membelinya, konsumsilah paling tidak satu sendok setiap hari.

Sereal

Sarapan ini sebenarnya tidak memiliki vitamin D dalam jumlah yang sangat tinggi, namun sereal mampu memberikan 10% pemenuhan vitamin D harian Anda.

READ:  6 Latihan Sederhana Untuk Memperbaiki dan Meningkatkan Penglihatan

Produk Kedelai

Produk kedelai ini merupakan sumber yang kaya akan vitamin D. Jika tubuh Anda kekurangan vitamin D, maka sangat baik untuk memasukkan produk kedelai ke dalam menu harian Anda.

Susu hanya memberikan Anda asupan kalsium, namun produk kedelai dapat memberikan Anda kalsium serta nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang.

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan jenis ikan air dingin yang memiliki kandungan vitamin D dalam jumlah yang tinggi. Untuk mempertahankan nilai gizi maksimum, ikan salmon sebaiknya dipanggang, jangan digoreng.

Tiram

Tiram merupakan makanan laut lezat yang kaya akan berbagai nutrisi penting. Selain vitamin D, tiram juga mengandung vitamin B12, selenium, zat besi dan lain sebagainya.

**

Banyak pria dan wanita muda yang menderita kesehatan tulang karena tidak memperhatikan asupan vitamin D. Jadi, untuk menjaga kesehatan tulang Anda, bijaklah dalam memilih makanan sumber vitamin D yang tepat.

(foto: acrossthefader.org)