Mengenal Penyakit Hati

Loading...

penyakit hatiHati adalah organ padat terbesar dalam tubuh. Fungsi hati adalah menyaring zat berbahaya dari darah, membuat zat yang mencerna makanan, dan mengubah makanan menjadi energi.

Hati juga dianggap kelenjar karena di antara banyak fungsi, hati membuat dan mengeluarkan empedu.

Penyakit hati adalah setiap gangguan fungsi hati yang menyebabkan penyakit. Hati bertanggung jawab untuk banyak fungsi penting dalam tubuh, hilangnya fungsi-fungsi dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada tubuh.

Istilah penyakit hati mencakup semua masalah potensial yang menyebabkan hati gagal untuk melakukan fungsinya. Biasanya, lebih dari 75% atau tiga perempat dari jaringan hati harus terpengaruh sebelum terjadi penurunan fungsi.

Ada banyak macam penyakit hati. Penyakit ini bisa diwariskan, atau dapat terjadi sebagai respon terhadap virus dan bahan kimia. Virus menyebabkan beberapa di antaranya, seperti hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C. Lainnya dapat menjadi hasil dari obat, racun atau terlalu banyak minum alkohol. Jika hati membentuk jaringan parut karena suatu penyakit, itu disebut sirosis. Menguningnya kulit bisa menjadi salah satu tanda penyakit hati.

Beberapa masalah hati bersifat sementara dan pergi dengan sendirinya, sementara yang lain bisa bertahan untuk waktu yang lama dan mengakibatkan komplikasi serius.

Gejala

Gejala klasik penyakit hati termasuk:
– Mual
– Muntah
– Nyeri perut bagian kanan atas
Jaundice (perubahan warna kuning pada kulit karena konsentrasi bilirubin yang tinggi dalam darah).
– Kelelahan, kelemahan dan penurunan berat badan juga mungkin terjadi.

READ:  Penyebab Kulit Ketiak Hitam dan Cara Mencerahkannya

Akan tetapi, karena ada bermacam-macam penyakit hati, gejala cenderung spesifik sampai penyakit hati stadium akhir dan gagal hati terjadi.

Penyebab

Hati bisa rusak dalam berbagai cara.

– Sel bisa menjadi meradang (seperti pada hepatitis)
– Aliran empedu bisa terhalang (seperti dalam kolestasis)
– Kolesterol atau trigliserida dapat menumpuk (seperti pada steatosis)
– Aliran darah ke hati mungkin membahayakan.
– Jaringan hati bisa rusak oleh bahan kimia dan mineral, atau disusupi oleh sel-sel abnormal.

  • Penyalahgunaan alkohol

Penyalahgunaan alkohol adalah penyebab paling umum dari penyakit hati di Amerika Utara. Alkohol secara langsung meracuni sel hati dan dapat menyebabkan peradangan hati, disebut sebagai hepatitis alkoholik. Dalam penyalahgunaan alkohol kronis, lemak terakumulasi.

  • Sirosis

Sirosis adalah tahap akhir dari penyakit hati. Jaringan parut pada hati dan hilangnya fungsi sel-sel hati menyebabkan gagal hati.

  • Akibat obat-obatan

Sel-sel hati dapat menjadi meradang untuk sementara atau rusak permanen akibat paparan obat-obatan. Beberapa obat memerlukan dosis berlebih, menyebabkan hati terluka, sementara yang lain dapat menyebabkan kerusakan bahkan ketika diambil dalam dosis yang tepat sesuai resep.

  • Terjangkit hepatitis

Istilah “hepatitis” berarti peradangan, dan sel-sel hati dapat menjadi meradang karena infeksi.

  • Virus lain

Virus lain juga dapat menyebabkan peradangan hati atau hepatitis sebagai bagian dari kelompok gejala. Infeksi virus dengan mononucleosis (virus Epstein Barr), adenovirus, dan sitomegalovirus dapat merangsang hati. Infeksi non-virus seperti toksoplasmosis dan Rocky Mountain spotted fever merupakan penyebab kurang umum.

  • Hemochromatosis

Hemachromatosis (kelebihan zat besi) adalah gangguan metabolisme yang mengarah ke simpanan besi abnormal dalam tubuh. Kelebihan zat besi dapat terakumulasi dalam jaringan hati, pankreas, dan jantung dan dapat menyebabkan peradangan, sirosis, kanker hati, dan gagal hati. Hemachromatosis merupakan penyakit bawaan.

  • Penyakit Wilson

Penyakit Wilson adalah penyakit bawaan lain yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memetabolisme tembaga. Penyakit Wilson dapat menyebabkan sirosis dan gagal hati.

  • Penyakit Gilbert

Pada penyakit Gilbert, ada kelainan dalam metabolisme bilirubin dalam hati. Tidak ada gejala dan biasanya didiagnosis ketika tingkat bilirubin yang tinggi ditemukan pada tes darah rutin. Penyakit Gilbert adalah kondisi jinak dan tidak memerlukan pengobatan.

  • Kanker

Kanker primer hati timbul dari struktur hati dan sel. Kanker metastatik (kanker hati sekunder) dimulai pada organ lain dan menyebar ke hati, biasanya melalui aliran darah. Kanker umum yang menyebar ke hati dimulai di paru-paru, payudara, usus besar, lambung, dan pankreas. Leukemia dan Hodgkin’s lymphoma juga dapat melibatkan hati.

  • Penyakit dan kondisi lainnya

Karena hati bertanggung jawab untuk fungsi-fungsi yang mempengaruhi begitu banyak organ-organ lain di dalam tubuh, penyakit hati dan kegagalan dapat menyebabkan berbagai komplikasi.

READ:  Kulit Sehat dan Bersinar dengan Buah

Pengobatan

Setiap penyakit hati akan memiliki rejimen pengobatan spesifiknya sendiri. Sebagai contoh, hepatitis A memerlukan perawatan suportif untuk mempertahankan hidrasi sementara sistem kekebalan tubuh melawan dan menyelesaikan infeksi. Pasien dengan batu empedu mungkin memerlukan pembedahan untuk mengangkat kantong empedu. Penyakit lain mungkin perlu perawatan medis jangka panjang untuk mengontrol dan meminimalkan konsekuensi dari penyakit mereka.

Pada pasien dengan sirosis dan stadium akhir penyakit hati, obat-obatan mungkin diperlukan untuk mengontrol jumlah protein yang diserap dalam diet. Hati yang terkena sirosis mungkin tidak dapat memetabolisme produk limbah, mengakibatkan kadar amonia darah meningkat dan hepatic encephalopathy (kelesuan, kebingungan, koma). Makanan rendah natrium dan diuretik mungkin diperlukan untuk meminimalkan retensi air.

Pada pasien dengan jumlah besar cairan asites (cairan terakumulasi dalam rongga perut), kelebihan cairan mungkin harus sesekali dihilangkan dengan jarum suntik (paracentesis). Menggunakan anestesi lokal, jarum dimasukkan melalui dinding perut dan cairan ditarik. Cairan asites dapat terinfeksi secara spontan dan paracentesis juga dapat digunakan sebagai tes diagnostik untuk menemukan infeksi.

READ:  Mengenal Chemophobia

Operasi mungkin diperlukan untuk mengobati hipertensi portal dan meminimalkan resiko pendarahan.

Transplantasi hati adalah pilihan terakhir bagi pasien yang mengalami gagal hati.