Khasiat Dahsyat Air Kelapa

Loading...

manfaat-air-kelapa-mudaAir kelapa sering dianggap oleh sebagian orang sebagai limbah yang tak berarti apa-apa. Padahal dalam soal kandungan nutrisi dan khasiat, air kelapa ini sangat dahsyat manfaatnya.

Dalam kehidupan sehari-hari air kelapa ini merupakan bahan dasar pembuatan Nata de Coco dan bahan tambahan dari kecap. Yang tak kalah menarik lagi bahwa air kelapa ini juga berfungsi dalam hal obat-obatan tradisional dan juga kecantikan.

Unsur kimia yang dibutuhkan oleh tubuh terkandung di dalam air kelapa ini. Unsur makro salah satu unsur yang dibutuhkan dalam tubuh, dan unsur makro yang dikandung air kelapa  adalah karbon dan nitrogen. Unsur karbon dalam air kelapa berupa sukrosa, glukosa, fruktosa, dan juga  karbohidrat.

Sedangkan untuk unsur nitrogen berupa protein yang tersusun dari asam amino seperti sistin, alanin, arginin dan alin. Tahukah bahwa kadar asam amino yang terkandung dalam air kelapa lebih besar dibandingkan dengan asam amino dalam susu sapi.

Untuk unsur mikro yang dikandung oleh kelapa ini berupa mineral (M) yang berfungsi dalam hal memperlancar sistem pencernaan karena kandungan dalam mineral ini berupa kalium (K) yang terdapat dalam kandungan cairan tubuh, kalsium (Ca) untuk pertumbuhan tulang, ferum (Fe), sulfur (S), fosfor (P), dan juga natrium (N) yang terdapat dalam cairan tubuh juga.

READ:  Resep Spaghetti dan Bakso Tanpa Daging

Jadi jelaslah jika terlihat dari kandungannya maka tentunya kita tahu bahwa begitu banyak manfaat dahsyat yang dimiliki air kelapa ini.

Berikut pemakaian air kelapa dan khasiatnya bagi kesehatan:

Disentri

Penderita penyakit ini biasanya mengalami demam tinggi, sering buang air, urine berwarna gelap dan terkadang tinja atau air seninya berlendir dan bercampur dengan darah. Maka untuk menjernihkan urine ini maka air kelapalah yang menjadi obatnya, air kelapa muda dikomsumsi secara rutin dan bisa dihentikan meminumnya setelah urine terlihat jernih kembali.

Gatal dan eksim

Kulit yang gatal disebabkan oleh adanya zat asing yang menempel sehingga kulit akan gatal ataupun mengalami alergi. Cara mencegah hal ini dengan air kelapa yakni dengan mengambil satu genggam beras lalu merendamnya dalam air kelapa yang masih ada di dalam tempurung selama kurang lebih 5-7 jam hingga beras terasa asam dan siap untuk dihaluskan. Setelah dihaluskan oleskan pada bagian tubuh yang gatal, eksim, telapak kaki pecah dan luka. Lakukan hal tersebut selama 3-4 kali perhari.

READ:  Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Mulut Bayi?

Demam berdarah

Demam berdarah tidak boleh dipandang enteng, beberapa kasus kematian yang terjadi di negeri ini disebabkan oleh demam berdarah. Jika tidak punya materi untuk ke rumah sakit dan konsultasi untuk menyembuhkan penyakit ini maka pergunakan air kelapa dengan dicampur perasan jeruk nipis untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah. Lakukan hal tersebut secara teratur.

Mencegah kerutan di wajah

Kandungan air kelapa berfungsi dalam hal meregenerasi kulit wajah, sehingga dengan membasuh wajah dengan air kelapa secara rutin kulit wajah akan meremaja kembali dan kerutan-kerutan di wajahpun bisa diatasi.

Menghilangkan jerawat

Jerawat memang satu hal yang sangat mengganggu dan membuat kita tidak pede. Tidak perlu membeli berbagai macam cream untuk menyembuhkan jerawat karena kandungan zat kimia dalam cream malah akan membuat pigmen kulit anda menjadi tipis dan malah akan merusak keefektifitasan kulit wajah.

Cukup dengan air kelapa satu gelas yang dicampur 25 gram pasta kunyit dibiarkan mengendap semalam. Keesokan harinya campur ramuan tersebut dengan 3 sendok teh bubuk cendana merah setelah itu diaduk sampai merata lalu dibiarkan selama 3 hari. Setelah batas 3 hari saring ramuan sebaiknya dengan menggunakan kain kasa agar tersaring sempurna.

READ:  10 Khasiat Hebat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil

Setelah itu simpan air perasan di botol. Oleskan ramuan tersebut dua kali sehari pada wajah yang berjerawat hingga jerawatpun lenyap.

**

Nah bagi yang sering mengacuhkan air kelapa bahkan menganggap air kelapa sebagai limbah pasti tidak alasan lagi untuk tidak menjadikan air kelapa sebagai salah satu bahan alternatif pengobatan tradisional yang murah dan tidak berefek buruk bagi anda.

Semoga artikel ini bermanfaat.