7 Gejala Tubuh Terserang Penyakit

Loading...

gejala sakitKita sering tidak menyadari gejala-gejala penurunan daya tahan tubuh. Kita baru sadar ketika sudah benar-benar merasakan sakit.

Sebenarnya, ada banyak gejala gangguan fungsi tubuh kita yang sering kita abaikan. Ketika kita gagal menyadarinya, kondisi tubuh kita menjadi semakin buruk. Anda tentunya tak ingin hal itu terjadi.

Untuk itu, Anda harus mengetahui 7 gejala tubuh tidak sehat berikut ini:

1. Bibir pecah-pecah

Kebanyakan orang menganggap, bibir pecah-pecah terjadi karena cuaca yang panas. Bibir pecah-pecah sebetulnya menunjukkan Anda kekurangan vitamin B12 yang dapat menyebabkan anemia, yang selanjutnya mempengaruhi kualitas darah. Anda sebaiknya mempertimbangkan suplemen vitamin B12 untuk membantu meningkatkan kondisi tubuh Anda.

Sumber alami vitamin B12 dapat diperoleh dari kerang, tiram, ikan, telur, tempe, dan rumput laut. Untuk lebih aman, konsultasikan masalah ini kepada dokter karena dokter memiliki suntikan vitamin yang dapat membuat tubuh lebih sehat.

2. Terlihat lebih pendek

Hal ini mungkin terdengar Anda, namun sejalan dengan bertambahnya usia ada kecenderungan tubuh mengecil karena mengalami masalah tulang, seperti osteoporosis. Kemungkinan tulang belakang melengkung sehingga tubuh kelihatan pendek dan membungkuk.

READ:  Pastikan Apa Penyebab Hipertiroid

Jika Anda pernah terjatuh dengan keras, waspadalah terhadap kemungkinan terjadi masalah tulang. Sebetulnya tulang bisa diperkuat dengan makanan sehat, misalnya dengan mengosumsi jus nanas setiap pagi hari sebagai sarapan dapat membantu memperkuat tulang.

3. Sering Terkena Pilek

Jika Anda sering terkena pilek atau flu berarti sistem kekebalan tubuh sedang terganggu. Bisa jadi Anda kekurangan vitamin C atau virus yang menyerang tidak disadari. Perlu dilakukan pemeriksaan darah untuk mendapatkan kepastian mengenai kondisi tubuh.

Pastikan tubuh tidak kekurangan vitamin C dengan mengosumsi buah-buahan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, nanas, dan sebagainya.

4. Urin Terlalu Kuning

Perhatikan warna urin yang jika terlalu kuning, itu adalah ukuran bahwa Anda mengalami masalah serius. Urin berwarna kuning karena tubuh kekurangan asupan cairan.

Namun, jika sudah merasa banyak minum air putih dan urin masih berwarna kuning gelap, bisa jadi ginjal bermasalah karena limbah tidak diproses dengan benar. Minumlah minimal 8 gelas air putih/hari.

5. Penyakit kulit

Jika Anda mengalami masalah kulit, seperti jerawat, eksim, gatal-gatal atau gangguan kulit lainnya, itu bukan hanya pertanda Anda tidak merawat kulit atau salah menggunakan produk kosmetik. Bisa jadi adalah masalah yang lebih berat, misalnya stres yang sering memicu penyakit yang lebih serius.

READ:  7 Jenis Penyakit yang Sering Disepelekan

Kulit adalah organ tubuh terbesar di tubuh Anda yang berada di permukaan untuk menampakkan gejala organ tubuh bagian dalam sedang tidak sehat.

6. Pola Tidur Terganggu

Jika pola tidur terganggu atau insomnia, maka ini adalah gejala yang menunjukkan pikiran dan tubuh merasa terlalu stress. Saat kita tidur, tubuh menurunkan jumlah kortisol yang mengurangi stress. Namun, jika tidak bisa tidur, maka pikiran semakin stress sehingga melibatkan organ tubuh lainnya.

Tubuh sebetulnya selalu berjuang untuk memperbaiki dirinya sendiri yang mana salah satu kuncinya adalah dengan tidur. Ketika itu tidak terjadi, sistem kekebalan tubuh terganggu dan akibatnya penyakit mudah menyerang.

7. Merasa Kelelahan, Walau Sudah Cukup Tidur

Jika Anda sudah cukup tidur, tapi tubuh mudah kelelahan terutama pada sore hari, maka mungkin hal itu menunjukkan ada masalah pada tiroid yang tidak berfungsi dengan baik. Sehingga kelenjar adrenal kelelahan karena bekerja keras untuk mencukupi energi pada siang hari tanpa ditopang oleh kerja tiroid.

Tubuh menjadi bekerja sangat keras untuk berusaha melindungi Anda dari berbagai jenis racun pada siang hari ketika beraktivitas di luar. Jika Anda merasa demikian, cobalah periksakan tiroid Anda ke dokter spesialis organ dalam.

READ:  Inilah Bahayanya Mengkonsumsi Minuman Dingin Setelah Makan

(foto: telegraph.co.uk)