Lensa Kontak Dan Perawatan Mata

Loading...

dailytech.com Bagian tubuh yang paling penting dari manusia adalah mata. Mata kita rentan terhadap cedera dan infeksi, terutama jika Anda menggunakan lensa kontak.

Ada sejumlah orang yang menggunakan lensa kontak dan berpikir bahwa hal itu sangat mudah untuk dipertahankan. Namun, hal ini tidak benar karena Anda perlu lebih banyak berhati-hati ketika Anda mencoba beralih dari penggunaan kacamata ke lensa kontak.

Jutaan orang di seluruh dunia menikmati keuntungan dari lensa kontak berwarna yang tentunya akan membuat mata Anda terlihat lebih indah dan mempesona, tapi biasanya mereka tidak menyadari perawatan lensa  kontak tepat yang perlu dilakukan.

Bagi Anda yang menggunakan lensa kontak setiap hari, Anda mungkin pernah mengalami infeksi mata yang menyakitkan. Jika Anda tidak melakukan perawatan mata yang tepat saat memakai lensa kontak, mata Anda bisa saja terkena infeksi mata yang membuat mata memerah, dan kadang-kadang juga dapat menyebabkan infeksi yang membutakan mata.

Bagi Anda yang baru ingin mencoba menggunakan lensa kontak, ada aturan tertentu yang perlu Anda ikuti untuk menjaga agar mata tetap sehat.

READ:  Vitamin D dan Perannya Bagi Kesehatan

Aturan pertama adalah bahwa Anda wajib untuk mengikuti semua instruksi yang diberikan oleh dokter mata Anda, dan yang kedua adalah mengikuti tips perawatan mata berikut ini:

Pemeriksaan mata

Bila Anda sudah memutuskan untuk menghentikan penggunaan kacamata dan beralih pada lensa kontak, Anda mungkin berpikir bahwa ini adalah akhir dari semua masalah mata dan berhenti melakukan kunjungan dokter. Tapi, Anda harus tahu bahwa meskipun Anda memakai lensa kontak, melakukan cek up mata secara rutin tetap menjadi keharusan.

Jauhkan dari air

Hal ini penting untuk diperhatikan. Saat Anda mandi atau berenang, sebaiknya jangan mengenakan lensa kontak. Para ahli mengatakan bahwa bahkan ketika Anda membersihkan wajah, Anda harus melepas lensa kontak Anda terlebih dahulu. Kemungkinan terjadinya infeksi dari jamur, bakteri, atau amuba jauh lebih besar jika Anda mengenakan lensa kontak saat berenang.

Jaga kebersihan tangan

Ketika Anda menggunakan lensa kontak, merupakan hal yang wajib untuk mencuci tangan Anda hingga bersih dengan menggunakan sabun dan air sebelum Anda menyentuh lensa kontak Anda. Tangan Anda membawa banyak bakteri yang menyebabkan alergi mata dan masalah mata. Cara terbaik adalah dengan menggunakan sabun non-kosmetik untuk mencuci tangan Anda.

READ:  Anda Menggunakan Softlens? Perhatikan 5 Hal Penting ini!

Bersihkan lensa kontak Anda

Jangan gunakan air keran ketika membersihkan lensa kontak. Ada mikroorganisme yang hidup di air suling, sehingga dapat menyebabkan infeksi mata atau kerusakan penglihatan. Sebaiknya gunakan cairan pembersih yang dibuat khusus untuk lensa kontak.

Berhati-hati saat menerapkan make-up

Bila Anda telah memasukkan lensa kontak pada mata Anda, pastikan untuk tidak merias wajah setelahnya, terutama riasan mata seperti eyeliner, eyeshadow dan maskara. Aplikasikan make-up sebelum memasukkan lensa kontak pada mata Anda. Selain itu, keluarkan lensa kontak Anda sebelum menghapus make-up.

Melakukan perjalanan

Jika Anda akan melakukan perjalanan, akan lebih baik bagi Anda untuk membawa kacamata. Alergi debu adalah masalah umum ketika Anda memakai lensa kontak saat bepergian.

Hindari berdekatan dengan api

Saat sedang memasak, sangat penting untuk menjauhkan lensa kontak Anda dari api sebisa mungkin. Tingginya intensitas api dapat membuat lensa kontak Anda meleleh dan bisa menyebabkan kebutaan instan.

**

Jadi ketika Anda benar-benar memutuskan untuk menggunakan lensa kontak, Anda perlu memperhatikan aturan-aturan penting tentang lensa kontak dan perawatan mata di atas guna menghindari masalah-masalah mata yang tidak diinginkan.

READ:  Ini Dia Manfaat Besar dari Si Mungil Nano Spray

(foto: dailytech.com)