Manfaat Pengurangan Karbohidrat untuk Tubuh

Loading...

kelebihan karbohidratSetiap nutrisi yang masuk dalam tubuh memberikan manfaat untuk beberapa bagian tubuh Anda. Nutrisi ini memagang peranan dalam hal pemenuhan energi, membangun tubuh dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Salah satu nutrisi penting yaitu karbohidrat. Karbohidrat sangat penting karena dapat menghasilkan energi untuk tubuh dan baik untuk sistem saraf pusat serta menghasilkan metabolisme.

Anda dapat memperoleh karbohidrat dalam beberapa jenis bahan makanan seperti biji-bijian, buah-buahan dan sayuran. Namun, jumlah atau kadar karbohidrat yang berlebih dapat memberikan kerugian untuk tubuh dan mendominasi fungsi tubuh Anda.

Karena itu, berikut akan kami bagikan manfaat yang akan diperoleh untuk tubuh saat Anda mengurangi atau menyeimbangkan kadar karbohidrat Anda.

1. Menurunkan Kadar Trigliserida

Tingginya kadar trigliserida berkaitan erat dengan beberapa penyakit seperti stroke, jantung dan beberapa penyakit hati . Jika Anda memiliki tingkat trigliserida yang tinggi dalam tubuh Anda, Anda dapat menguranginya dengan dengan beralih ke diet rendah karbohidrat, tanpa harus menggunakan obat-obatan.

2. Mengurangi Resiko LDL

LDL disebut juga sebagai low-density lipoprotein, ini adalah salah satu aktifitas dimana disalurkannya kolesterol ke dalam aliran darah.

READ:  Pengobatan Flu Dengan Obat Tradisional

Penelitian menetapkan bahwa LDL yang tinggi dapat menyebabkan risiko penyakit kardiovaskular dan juga dianggap sebagai kolesterol jahat. Anda juga dapat melakukan pengurangan karbohidrat karena secara langsung akan mengurangi resiko LDL yang tinggi.

3. Dapat Meningkatkan HDL

HDL dapat dikatakan sebagai lawan dari LDL. Saat tingkat karbohidrat yang tinggi dalam tubuh Anda akan membuat HDL dalam tubuh Anda menurun.HDL sendiri berfungsi membantu membersihkan aliran darah, pembuluh darah dan arteri dan membantu jantung menjalankan fungsi utamanya tanpa gangguan.

4. Mengurangi Resiko Darah Tinggi

Kelebihan dalam mengkonsumsi karbohidrat dapat menjadi salah satu penyebab darah tinggi. Tekanan darah tinggi sangat erat kaitannya dengan penyakit kardiovaskular. Darah tinggi dapat menjadi salah satu penyakit permanen yang membutuhkan pengobatan jangka panjang.

Beberapa tanda dari darah tinggi dapat berupa sakit kepala parah dan mual. Karena itu, lakukan diet rendah karbohidrat untuk menormalkan tekanan darah pada beberapa minggu.

5. Mengurangi Peradangan

Tubuh Depresi, serangan jantung, Alzheimer, kanker semua terkait dengan peradangan. Mengurangi inflamasi sistemik menghilangkan risiko penyakit fatal lainnya. Makanan yang rendah karbohidrat dapat mengurangi peradangan dan memberikan stabilitas dan hidup sehat.

READ:  Manfaatkan Tanaman Obat Dalam Pot

**

Demikianlah manfaat pengurangan karbohidrat untuk kesehatan tubuh Anda. Konsumsilah karbohidrat secukupnya untuk pemenuhan energi tubuh dan perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang lebih sehat jika Anda masih merasa lapar.

Semoga bermanfaat.

(foto: everymantri.com)