Mengenal Cara Kerja Skin Bleaching

Loading...

Pemutihan kulitSebelum menjalani proses pemutihan kulit, sebaiknya konsultasikan dengan dokter

Skin bleaching adalah prosedur kosmetik untuk memutihkan kulit dengan cara mengurangi konsentrasi melanin pada kulit. Melanin merupakan penentu utama warna kulit manusia. Melanin terdapat di rambut, jaringan pigmen yang mendasari warna iris mata dan vascularis stria dari telinga dalam. Jadi proses pemutihan kulit merupakan suatu tindakan pengurangan, penghambatan atau menghentikan pembentukan melanin. Para ilmuwan telah menemukan bahwa enzim yang disebut tirosinase mengaktifkan produksi melanin. Jadi, untuk menghentikan pembentukan melanin, aktivitas enzim ini juga harus dihentikan.

Beberapa bahan yang digunakan untuk menghentikan melanin antara lain hydroquinone, kojic acid, dan asam azelaic. Tapi sampai saat ini USFDA hanya mengakui hydroquinone sebagai salah satu zat pemutih. Bahan-bahan lain yang terdapat dalam dalam krim pemutih disebut sebagai brighteners atau lighteners.

Untuk menghapus melanin berlebih yang ada di kulit Anda, AHA dan tretinoin biasanya digunakan untuk mengelupas kulit dan menggantinya dengan kulit baru. Perhatikan  produk yang akan dioleskan atau gunakan di kulit agar kulit tidak iritasi, terlebih lagi jika kulit Anda termasuk tipe kulit sensitif.

READ:  Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan proses pemutihan kulit. Karena seorang dokter akan membantu Anda untuk menjelaskan bagaimana prosedur yang benar untuk memutihkan kulit.

(photo: marhabadeals.com)