5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Berpikir Untuk Bercerai

Loading...

PerceraianBanyak hal yang harus dipertimbangkan ketika akan bercerai

Jika Anda sedang berpikir untuk bercerai, maka harusnya Anda menyadari bahwa proses perceraian sangat melelahkan. Ada banyak hal yang harus di pertimbangkan. Apa sajakah itu? Simak artikel yang dikutip dari magforwomen berikut ini.

1. Harta Bersama dan Hutang

Harta yang diperoleh setelah menikah disebut harta bersama. Begitu juga dengan hutang atau pinjaman. Penting bagi Anda untuk mengetahui berapa banyak properti yang terkumpul dan berapa banyak hutang yang ada selama periode pernikahan.

2. Pengacara

Sebagian orang akan memilih mengurus sendiri proses perceraian mereka. Namun ada juga yang menunjuk pengacara agar mengurus perceraian mereka. Pada dasarnya semuanya tergantung pribadi masing-masing. Pilihlah pengacara yang dikenal memiliki reputasi yang baik. Karena pengacara yang baik akan tetap men-support Anda setelah proses perceraian.

3. Anak-anak

Jika Anda memiliki anak-anak, maka lebih baik untuk tidak melibatkan mereka dalam proses perceraian. Cobalah untuk tidak berdebat atau bertengkar didepan anak tidak peduli apapun keadaannya. Usahakan agar bisa menempuh jalan damai untk memutuskan siapa yang akan mendapatkan hak asuh bagi anak-anak Anda nantinya.

READ:  Tips Menjaga Anak Agar Terhindar Dari Flu

4. Akomodasi

Proses perceraian dapat berlangsung selama beberapa bulan sehingga Anda akan perlu untuk berpikir tentang akomodasi Anda selama periode tersebut berlangsung. Pada umumnya pasangan yang sudah memutuskan untuk bercerai akan memilih hidup terpisah (tidak tinggal satu atap lagi) sehingga salah satu dari mereka akan mencari tempat tinggal baru.

5. Kehidupan Setelah Perceraian

Kabanyakan orang yang telah terlibat dalam perceraian lupa untuk memikirkan bagaimana mereka akan menjalani hidupnya pasca perceraian. Menyusun rencana itu perlu agar nantinya Anda tidak merasa kesulitan. Jika pada saat masih bersama Anda bergantung pada pasangan dalam hal finansial, sebaiknya Anda segera mencari pekerjaan.

Perceraian bukan perkara mudah, memerlukan proses panjang, energi yang banyak dan waktu yang akan tersita. Pertimbangkan  kembali 5 hal tersebut ketika Anda memikirkan untuk bercerai.

(photo: nationaldebtrelief.com)