7 Tips dan Cara Berbicara di Hadapan Ratusan Rekan Kerja dan Atasan

Loading...

Cara Berbicara dihadapan Ratusan Rekan Kerja dan AtasanSalah satu cara menunjukkan potensi Anda adalah dengan menjadi pembicara atau presenter di hadapan atasan dan karyawan lainnya.

Tapi banyak yang merasa tidak percaya diri. Padahal ini adalah kesempatan emas untuk membuat diri Anda “terlihat dan diakui”.

Ingin tahu cara berbicara di hadapan ratusan rekan kerja dan atasan? Ikuti tips-tips berikut ini.

1. Katakan “Ya”

Ketika Anda diminta untuk menjadi pembicara atau memberikan presentasi di kantor Anda, maka katakan “Ya”. Jangan menolaknya, karena itu akan menurunkan kredibilitas Anda.

2. Perjelas Semuanya

Ketika Anda telah mengiyakan permintaan atasan Anda untuk menjadi pembicara, maka langkah selanjutnya adalah perjelas semuanya. Anda harus mengajukan banyak pertanyaan, diantaranya adalah tanggal pelaksanaan, durasi berbicara, tema, dll. Sehingga Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik.

3. Terus Update

Jangan malu untuk mengecek pelaksanaan setiap 1 minggu untuk memastikan bahwa rencana acara tidak berubah. Anda bisa menelepon atau mengirim email untuk menanyakan hal ini.

4. Persiapkan Diri Anda

Persiapkan materi dengan matang, cari referensi sebanyak mungkin. Lakukan revisi beberapa kali sampai didapat materi yang sangat pas dengan permintaan dan segmen peserta. Setelah itu, berlatihlah.

READ:  Multitasking dan Produktivitas

Berlatihlah di depan cermin seolah Anda sedang menghadapi ratusan audien. Rekam juga suara Anda untuk mengetahui intonasi dan gaya bicara Anda. Kemudian, berlatihlah di depan pasangan Anda, lalu mintalah pendapat darinya tentang apa yang masih harus diperbaiki. Lakukan hal itu berulang-ulang.

5. Buatlah Mini Naskah

Anda sebaiknya mengingat seluruh materi pembicaraan di dalam otak Anda. Namun Anda juga perlu membuat mini naskah, yaitu poin-poin penting yang ada di dalam materi Anda, yang akan Anda pegang pada saat pelaksanaan nanti. Fungsinya adalah sebagai pengingat agar pembicaraan selalu terarah dan sistematis.

6. Show Time!

Inilah saat-saat yang Anda nantikan. Malam sebelum pelaksaan Anda diharapkan beristirahat secara cukup. Kemudian gunakan pakaian sesuai permintaan panitia. Perhatikan kebersihan diri dan kepantasan. Karena penampilan Anda merepresentasikan kredibilitas Anda dan menghadirkan kesan pertama.

Datanglah tepat waktu. Kemudian bergaullah dengan peserta dan panitia dengan cara berbincang-bincang ringan. Tanyakan kabar mereka dan hal-hal ringn lainnya. Hal ini akan membantu Anda mengenali “medan perang” dan juga membantu mengatasi rasa grogi.

READ:  5 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa

7. Penuh Percaya Diri

Melangkahlah ke podium dengan penuh Percaya Diri–Inilah Momen Anda!

**

Demikianlah tips untuk berbicara dihadapan ratusan rekan kerja dan atasan. Tips ini juga bisa dipakai untuk beragam jenis audien lainnya. Semoga bermanfaat 🙂