2 Cara Mudah Bersihkan Silinder Kop

Loading...

cara bersihkan silinder kopBagi Anda yang suka berpergian jauh menggunakan motor, Anda pasti sering sekali mengalami mesin yang panas dan tarikan yang berat.

Selain itu, kondisi mesin yang seakan-akan kasar dan tersendat-sendat juga merupakan masalah utama yang sering dihadapi.

Hal ini seringkali terjadi karena ruang pembakaran atau silinder menumpuk banyak sekali kerak hasil pembakaran. Oleh karena itu, diperlukan perhatian khusus agar kerak hasil pembakaran ini bisa terbuang dan membuat kondisi mesin kembali optimal.

Berikut ini ada 2 cara mudah bersihkan silinder kop agar mesin tidak cepat rusak.

1. Membersihkan dengan engine conditioner

Membersihkan menggunakan engine conditioner  adalah cara mudah bersihkan silinder kop yang paling banyak dilakukan. Selain karena tidak banyak memakan waktu dan tidak terlalu rumit, membersihkan dengan cara ini hanya membutuhkan uang yang tidak terlalu mahal.

Rata-rata untuk membeli engine conditioner yang bagus, hanya dibutuhkan uang sebesar 30 ribu sampai 60 ribu. Hanya saja, Anda harus pintar-pintar memilih merk dan spesifikasi engine conditioner yang cocok untuk motor Anda. Selain itu, jangan mudah tertipu dengan anjuran teknisi tentang merk engine conditioner tertentu.

READ:  3 Tips Bersihkan Bagian Tersembunyi pada Kabin Mobil Tanpa Repot dan Ribet

Akan lebih baik jika sebelum membeli, Anda bertanya dahulu keunggulan dan kelemahannya, serta perbandingan harga yang ditawarkan. Selain itu, bisa juga bertanya kepada teman-teman untuk memastikan engine conditionernya mempunyai efek seperti yang diharapkan.

Untuk cara penggunaannya, buka busi dengan kunci busi yang tersedia. Setelah itu semprotkan engine conditioner yang telah dibeli kedalam silinder. Setelah cukup, pasang kembali busi dan hidupkan mesin seperti biasanya. Knalpot motor akan mengeluarkan asap yang menandakan bahwa engine conditioner berkerja seperti yang diinginkan. Anda bisa mengulangi cara tersebut sampai mesin motor terasa maksimal.

2. Membersihkan dengan membongkar mesin

Membersihkan silinder dengan membongkar seluruh mesin adalah cara mudah bersihkan silinder kop yang paling jarang dilakukan bila tidak terpepet. Meskipun terlihat rumit, cara ini tidak begitu sulit dan sangat efektif untuk membersihkan seluruh isi silinder. Jika tidak ingin repot, tentu Anda harus membawanya ke bengkel agar bisa ditangani secara maksimal.

Tapi jika mempunyai waktu panjang, maka membongkar mesin sendiri adalah hal yang patut dicoba. Selain menambah pengalaman, Anda bisa lebih puas membersihkan seluruh isi silinder tanpa perlu khawatir ada bagian yang belum dibersihkan.

READ:  7 Kesalahan Mencuci Mobil Terkait Dengan Sistem Listriknya

Sebelum dibongkar, terlebih dahulu persiapkan peralatan apa saja yang akan digunakan. Pastikan semua ukuran baut mempunyai kuncinya. Jika tidak, hal ini akan merepotkan. Jika sudah, cobalah untuk mulai membongkar baut-baut kecil yang ada di sekitar busi.

Anda tidak perlu membongkar bagian-bagian mesin utama, terlebih lagi bagian utama yang mengandung oli. Anda hanya perlu membongkar bagian blok untuk membersihkan silinder. Jika sudah terbuka, maka bersihkan kerak-kerak dan kotoran dengan amplas. Hal ini akan sangat efektif. Apabila sudah dirasa sangat bersih, maka Anda hanya perlu memasangnya kembali seperti semula.

Cukup mudah bukan?