3 Cara Hilangkan Embun di Bagian Headlamp

Loading...

lampu mobilBagi yang memiliki mobil, Anda pasti sering menemukan adanya embun di bagian headlamp atau lampu utama mobil saat Anda berkendara pada malam hari, hujan, udara dingin, maupun saat berkabut.

Embun di lampu utama headlamp akan muncul jika ada perbedaan suhu yang ekstrim antara suhu udara luar dengan suhu pada bagian dalam headlamp.

Meskipun terlihat sepele, embun yang ada di dalam headlamp ini mampu menyebabkan lampu terlihat lebih redup dan membuat lampu lebih cepat putus.

Selain itu, efek yang ditimbulkan dari seringnya headlamp terkena embun adalah plastik lampu semakin cepat menguning.

Tentunya hal ini akan membuat mobil Anda semakin menurun kualitasnya. Oleh karena itu, embun yang ada di dalam headlamp sebisa mungkin dengan cepat dibersihkan agar tidak mengganggu performa lampu dan membuat lampu menjadi jelek karena menguning.

Berikut ini adalah cara bersihkan embun di bagian headlamp dengan beberapa langkah mudah.

Langkah pertama, membuka kap mesin

Ketika Anda membuka kap mesin untu membersihkan embun yang ada di headlamp, pastikan untuk mengecek penyangga dengan benar. Hal ini untuk menghindari jika tiba-tiba kap mesin tertutup pada saat membersihkan headlamp. Akan sangat merepotkan jika tiba-tiba kap mesin tertutup saat Anda mencopot headlamp untuk dibersihkan.

READ:  Ford Menjadi Satu-Satunya Produsen Mobil Paling Inovatif!

Langkah kedua, cek bagian belakang headlamp

Mengecek bagian belakang headlamp merupakan langkah terpenting dalam cara bersihkan embun di bagian headlamp. Hal ini karena bagian belakang headlamp merupakan salah satu bagian yang mendukung untuk terjadinya embun.

Selain karena salah satu jalur masuk untuk udara, bagian ini tidak begitu terkena panas saat lampu menyala. Sehingga kemungkinan untuk udara dingin masuk dan membentuk embun sangat tinggi.

Langkah ketiga, membersihkan melalui lampu sein

Jika bagian belakang headlamp tidak menunjukkan kerusakan atau hal yang menyebabkan embun, maka cara bersihkan embun di bagian headlamp yang paling efektif adalah dengan membersihkan headlamp melalui lampu sein.

Kenapa lampu sein? karena mencopot lampu sein tidak sesulit mencopot headlamp itu sendiri. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot-repot untuk mengembalikannya ketika selesai membersihkannya.

Untuk membersihkan melalui lampu sein, Anda hanya perlu untuk mencopot kaca lampu sein dan menyalakan lampu selama yang diperlukan. Hal ini untuk membuat embun dan air yang ada di headlamp menguap sepenuhnya lewat lampu sein. Butuh waktu lebih dari 30 menit untuk membuat semua air dan embun menguap, bahkan bisa lebih lama lagi tergantung banyaknya air dan embun.

READ:  Inilah Komponen Yang Harus Diganti Jika Mobil Pernah Mogok Terendam Banjir

Namun, jika Anda mempunyai vacuum cleaner, menggunakan vacuum cleaner akan memotong waktu menunggu air dan embunnya kering. Dengan cara menyedot air yang ada sambil memanaskan lampu, maka waktu menunggu bisa dipotong sampai dengan 5 sampai 10 menit. Jika semua sudah bersih, maka hal terakhir yang dilakukan adalah mengembalikan lampu sein seperti semula.

**

Bagaimana? Mudah bukan? Silahkan mencoba di rumah jika mobil Anda mengalami masalah di atas.

(foto: dealsnavigator.com)