7 Tanda – Tanda Keguguran

Loading...

Kram perutWaspadai kram perut dan punggung bawah

Bisa hamil bagi sebagian besar wanita merupakan anugrah yang tak terkira karena sebentar lagi mereka akan menjadi seorang ibu jika proses persalinan tiba. Namun, adakalanya kenyataan berkata lain. Seorang wanita bisa saja mengalami keguguran secara tidak sengaja. Bila hal tersebut terjadi, pertolongan dokter atau para professional mungkin saja bisa membantu untuk menyelamatkan bayi Anda.

Berikut adalah ciri-ciri bila wanita mengalami keguguran:

1. Merasakan Sakit Luar Biasa

Jika Anda mengalami rasa sakit yang tidak biasa di bagian punggung bawah, sebaiknya Anda tidak menganggap remeh hal ini. Sebagian besar wanita mengalami kram di bagian perut sama seperti di masa periode kehamilan. Bila seorang wanita mengalami rasa sakit yang tidak biasa dan lebih lama dari biasanya, segera kunjungilah dokter ahli kandungan secepatnya.

2. Penurunan Berat Badan

Biasanya seorang wanita hamil akan mengalami penambahan berat badan. Namun bila berat badan Anda mendadak turun, hal tersebut bisa jadi penanda bahwa Anda kekurangan nutrisi dan gizi yang cukup yang dibutuhkan oleh seorang wanita hamil, hal ini bisa menjurus terjadinya keguguran.

READ:  Waspadai Keguguran pada Kandungan 6 Minggu

3. Lendir

Keluarnya lendir yang berwarna putih agak kemerah-merahan juga perlu diwaspadai. Segera kunjungi dokter ahli kandungan.

4. Pendarahan

Pendarahan di vagina merupakan pertanda pasti dari keguguran. Namun, pendarahan atau terjadinya bercak-bercak di vagina pada awal-awal kehamilan merupakan hal yang wajar. Yang perlu di waspadai adalah pendarahan di vagina yang terjadi bila telah melewati trimester awal kehamilan.

5. Jaringan Halus

Jika Anda menemukan jaringan halus yang berbentuk seperti tissue berwarna keabu-abuan di vagina, segera konsultasikan dengan dokter ahli kandungan. Ini bisa jadi penyebab keguguran. Biasanya jaringan halus itu keluar bersama dengan gumpalan darah.

6. Hilangnya Morning Sickness

Tanda-tanda seperti morning sickness dan sejenisnya yang sudah berkurang atau hilang pada wanita hamil bisa menjadi penyebab seorang wanita mengalami keguguran. Hal ini terjadi karena perubahan dalam hormon karena terjadinya penghentian kehamilan melalui keguguran.

7. Kontraksi

Jika Anda mulai mengalami kontraksi pada awal kehamilan, maka itu adalah tanda peringatan untuk setiap wanita hamil. Anda harus segera bergegas ke dokter.

READ:  Zeolit, Agen Detoksifikasi Tubuh Secara Alami

(photo: ehow.com)