5 Langkah Budidaya Tomat dalam Polybag

Loading...

budidaya tomat dalam polybagTomat merupakan jenis buah sayuran yang paling mudah didapatkan. Buah tomat ini bisa dikonsumsi tanpa harus memasaknya.

Selain rasanya yang manis asam menyegarkan,  buah tomat juga memiliki banyak kandungan vitamin, seperti vitamin C.

Bagi ibu-ibu rumah tangga, buah tomat biasanya digunakan sebagai bumbu tambahan untuk masakan, juga sering dibuat jus tomat yang segar.

Untuk memperoleh buah tomat atau Solanum lycopersicum ini sangat mudah, karena Anda bisa menjumpainya di penjual sayuran tentunya, di pasar bahkan di supermarket.

Nah, pernahkah Anda berpikir untuk memulai membudidayakan tanaman tomat? Selain bisa mendapatkan buah tomat secara gratis, Anda juga bisa menjadikannya sebagai lahan usaha jika mengelolanya dalam sekala besar.

Untuk budidaya tanaman tomat ini tidaklah susah. Anda bahkan tak butuh lahan tanah yang luas untuk penyemaian tanaman ini. Hanya dengan menggunakan polybag, Anda bisa menanam dan membudidayakan tomat.

Kali ini, kami akan berbagi tips dan cara membudidayakan tomat dengan polybag, simak ya:

1. Wadah Tanaman

Inilah yang pertama kali harus dipersiapkan. Anda bisa menggunakan plastik, wadah bekas atau polybag untuk menanam tomat yang akan dibudidayakan. Setelah Anda menentukan wadah apa yang akan digunakan untuk membudidayakan tanaman tomat maka langkah selanjutnya adalah mengisi wadah tersebut dengan tanah.

Tanah yang digunakan sebaiknya tanah hitam gambut karena tanah tersebut akan menjaga kesuburan tanaman tomat yang nantinya ditanam. Tanah yang sudah disiapkan hendaknya dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang, dengan perbandingan tanah 70% sedangkan pupuk sebanyak 30% atau bisa juga 80%-20% untuk satu buah polybag.

Jangan lupa membuat lubang-lubang kecil di bagian bawah wadah penanaman tomat, yang bertujuan sebagai tempat pengeluaran air yang berlebih di dalam polybag.

2. Proses Penyemaian Bibit

Langkah selanjutnya adalah penyemaian bibit tomat. Biji tomat yang akan dijadikan bibit, disemai di sebuah tempat khusus misalnya sebidang tanah. Tabur bibit tomat tersebut dan tak lupa memperhatikan kelembaban tanah pada lokasi penyemaian bibit tomat.

Setelah bibit tomat bertunas maka ada baiknya kita mulai memindahkannya satu persatu ke wadah kecil lainnya. Ini bertujuan sebagai proses pembiasaan bibit muda yang baru bertunas tersebut.

3. Proses Penanaman

Setelah bibit tunas tomat memiliki panjang lebih kurang 10 cm barulah dipindahkan ke dalam polybag yang sudah  disiapkan jauh hari sebelumnya. Perlu diingat bahwa dalam proses pemindahan bibit tomat yang mulai besar, Anda harus sedikit hati-hati. Jangan sampai akar tomat putus ketika proses pencabutannya dari tanah untuk dipindahkan ke dalam polybag.

Perlu diperhatikan juga, sebaiknya untuk proses pemindahan bibit ke dalam polybag dilakukan pada sore hari, yang bertujuan untuk menghindari layu pada bibit yang baru tumbuh jika dilakukan pada siang hari dengan panas terik.

4. Perawatan

Setelah proses penanaman selesai maka tugas Anda belum cukup sampai di situ saja. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan perawatan pada tanaman tomat tersebut dan memperhatikan pola kembangnya. Jika batang tomat sudah mulai memanjang ada baiknya Anda memberikan penyanggah berupa kayu untuk membantu menegakkan batang tomat tersebut.

Untuk perawatan selanjutnya, Anda harus rutin memperhatikan kelembaban tanah pada polybag. Sebaiknya dilakukan penyiraman sebanyak 3 kali dalam sehari, ini dilakukan untuk menghindari kekeringan pada batang tomat.

Jika tanaman tersebut tampak kurang subur, Anda bisa menambahkan pupuk kompos atau pupuk kandang ke dalam polybag. Selain kelembaban tanah, hama juga menjadi faktor penting yang harus kita tinjau setiap saat agar memberikan hasil tanaman yang subur tentunya.

5. Panen

Jika semua cara di atas dilakukan dengan baik maka Anda tidak perlu menunggu lama untuk proses panen buah tomat yang telah Anda tanam.  Pada umumnya tomat sudah bisa dipanen pada usia 3 bulan dan Anda sudah bisa memetik tomat hasil tanam Anda sendiri.

**

Sekian infromasi mengenai tips dan cara budidaya tomat meggunakan polybag. Semoga dengan ini Anda jadi lebih mengetahui cara membududayakan tomat dengan baik dan benar.

READ:  Cara Budidaya Tanaman Hias Puring