Memanfaatkan Jahe Merah Sebagai Obat Alternatif Kesehatan Tubuh

Loading...

Manfaat-Jahe-MerahTERUSKAN.COM – Jenis tumbuhan umbi yang satu ini memang sering digunakan sebagai bahan atau obat tradisional. Banyak manfaat dan kandungan gizi pada jahe merah ini.

Jahe merah memiliki tingkat rasa pahit dan pedas yang lebih tinggi dibanding dua jenis jahe lainnya.

Selain digunakan sebagai pengobatan tradisional, jahe merah jika dikonsumsi secara teratur juga bermanfaat meningkatkan stamina tubuh agar kembali fit.

Jahe merah, dengan nama ilmiah Zingiber officinale varietas rubrum ini, memiliki bentuk dan warna yang berbeda dengan jenis jahe yang lainnya.

Jahe merah memiliki kulit berwarna kemerahan, lebih berserat dan berwarna kecoklatan pada isi dalamnya.

Selain sebagai bahan konsumsi yang digunakan untuk menghilangkan rasa capek dan mengembalikan tubuh menjadi berstamina, jahe merah juga digunakan sebagai minyak urut karena rasa panas yang ditimbulkannya bisa menghilangkan rasa nyeri dan pegal pada tubuh.

Apa saja kandungan nutrisi jahe merah? 

Jahe merah sudah sangat populer saat ini bahkan kita bisa mendapatkan jahe merah yang sudah dijadikan produk olasan seperti makanan atau minuman yang menggunakan bahan dasar jahe merah. Adapun kandungan yang dimiliki jahe merah sangat beragam.

READ:  Tips Cantik dan Sehat dengan Jahe

Jahe merah mengandung mengandung minyak asiri yang terdiri dari zingeberin, kamfena, lemonin, zingiberen, zingiberal, gingeral, dan shogool. Kandungan lainnya, yakni minyak damar, pati, asam organik, asam malat, asam aksolat, dan gingerin.

Selain itu masih ada lagi senyawa lainnya yang terkandung dalam jahe merah ini seperti gingerol, 1,8-cineole 10-dehydro-gingerdione, 6-gingerdione, arginine, a-linolenic acid, aspartic, caprylic acid, capsaicin, chlorogenis acid, farnesal, farnesene, farnesl dan unsur pati seperti tepung kanji, serta serat-serat resin dalam jumlah sedikit.

Apa saja manfaat jahe merah bagi kesehatan?

Kandungan nutrisi jahe merah seperti yang telah disebutkan di atas, dinyatakan oleh para pakar kesehatan memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita.

Banyak jenis penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan jahe merah ini seperti sebagai obat untuk menghangatkan badan, penambah nafsu makan, peluruh keringat, serta mencegah dan mengobati masuk angin.

Selain manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat kesehatan yang diberikan oleh jahe merah ini seperti:

  • Mengatasi radang tenggorokan
  • Sebagai obat rematik dan sakit pinggang
  • Mengobati nyeri lambung dan nyeri otot
  • Sebagai pelancar air susu ibu
  • mengatasi ejakulasi dini
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Sebagai penguat fungsi hati
READ:  9 Khasiat Jahe Untuk Wanita

Dan masih banyak yang lainnya yang bisa kita peroleh dari jahe merah. Anda tidak akan merasa dirugikan jika sering mengkonsumsi umbi yang satu ini, baik sebagai minuman segar ataupun sebagai obat yang diolah secara tradisional

Selain sebagai obat berbagai macam penyakit, jahe merah juga bisa digunakan sebagai minuman segar yang sangat menyehatkan tubuh. Untuk cara mengkonsumsi jahe merah ini juga bervariasi. Beberapa orang mengolah jahe merah menjadi obat atau jamu tradisional, ada juga yang mengolah menjadi minuman menyegarkan dan lain sebagainya.

**

Sekian ulasan mengenai kandungan senyawa dan manfaat jahe merah yang dapat digunakan sebagai obat alternatif bagi kesehatan tubuh. Semoga bisa bermanfaat buat kita semua.