Guarana, Suplemen Alami Pembangkit Energi

Loading...

Suplemen GuaranaGuarana berasal dari biji pohon Amerika Selatan. Karena tinggi kafein, guarana telah menjadi suplemen energi yang populer.

Biji guarana juga kaya tanin dan alkaloid xantin: teofilin dan teobromin.

Guarana dapat ditemukan dalam bentuk bubuk atau pil dan merupakan bahan dalam minuman energi, soda, dan minuman lainnya.

Manfaat Guarana

Peneliti pernah percaya bahwa bahan aktif dalam guarana adalah bahan kimia tertentu – guaranine. Tapi mereka kemudian menemukan bahwa itu hanya kafein. Guarana memiliki konsentrasi kafein tertinggi dibandingkan tanaman lain, yaitu dapat mengandung 3,6% hingga 5,8 % berat kafein. Sementara kopi hanya mengandung hingga 2%.

Guarana terkenal sebagai stimulan dan meningkatkan kewaspadaan mental, melawan kelelahan, dan meningkatkan stamina dan ketahanan fisik.

Kopi dan minuman berkafein lainnya tampaknya meningkatkan kewaspadaan bila dikonsumsi sepanjang hari. Kafein dapat meningkatkan kinerja mental dan kewaspadaan bagi orang yang kurang tidur, dan guarana secara logis akan memiliki efek yang sama.

Para ahli belum mempelajari guarana secara ekstensif. Sejauh ini, studi belum menemukan bahwa guarana sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan kognitif atau suasana hati. Beberapa orang menggunakan guarana untuk meningkatkan kinerja atletik atau seksual. Tapi tidak ada bukti yang mendukung ini.

READ:  Jangan Mengambil 3 Suplemen Ini!

Ada beberapa bukti bahwa guarana – bila digunakan bersama dengan suplemen lain – mungkin mempromosikan penurunan berat badan. Masih belum pasti apakah guarana bertanggung jawab secara khusus.

Sebagai suplemen penurunan berat badan, kafein dapat bekerja dengan baik ketika dikombinasikan dengan senyawa polifenol dalam teh hijau. Menggabungkan guarana dengan polifenol mungkin memiliki efek yang sama. Keamanan menggunakan guarana untuk menurunkan berat badan tidak diketahui.

Beberapa orang percaya bahwa efek dari guarana kurang intens dan tahan lama dibandingkan dengan kafein. Studi belum membuktikannya.

Dosis

Tidak ada dosis standar. Untuk energi, beberapa orang menggunakan antara 200-800 miligram per hari. Tanyakan kepada dokter Anda untuk meminta saran.

Sumber Makanan

Selain biji guarana sendiri , tidak ada sumber makanan alami dari guarana. Guarana telah menjadi zat aditif umum pada beberapa makanan dan minuman.

Risiko dan Efek Samping

– Efek samping. Efek samping dari guarana umumnya sama dengan efek samping kafein. Mereka termasuk masalah tidur, kecemasan, gelisah, sakit perut, dan detak jantung bertambah cepat. Penggunaan jangka panjang dari kafein dapat menyebabkan toleransi dan ketergantungan psikologis.

READ:  Waspadai Kanker Kolorektal di Usia Muda!

– Risiko. Dosis tinggi kafein dapat meningkatkan risiko peningkatan denyut jantung, penyakit payudara, dan tekanan darah tinggi. Overdosis kafein dapat menyebabkan kejang dan kejang-kejang. Bicaralah dengan dokter sebelum menggunakan guarana jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, gangguan kecemasan, glaukoma, osteoporosis, masalah jantung, gangguan perdarahan, diabetes, masalah ginjal, atau penyakit hati.

Setidaknya satu kematian telah dilaporkan pada wanita muda dengan prolaps katup mitral yang mengkonsumsi minuman yang mengandung guarana. Orang dengan MVP harus berbicara dengan dokter sebelum menggunakan guarana.

– Interaksi . Jika Anda mengambil obat secara teratur, bicarakan dengan dokter sebelum Anda mulai menggunakan suplemen guarana. Mereka bisa berinteraksi dengan obat-obatan seperti beberapa antidepresan, lithium, obat penenang, dan pengencer darah. Jangan gunakan guarana bersama dengan stimulan lainnya, entah itu dalam bentuk obat-obatan atau suplemen.

Untuk menghindari asupan kafein berlebih, berhati-hatilah ketika mengambil guarana bersama dengan makanan lain dan suplemen yang mengandung kafein, seperti kopi dan soda.

Mengingat kurangnya bukti tentang keselamatan – dan karena kandungan kafein yang tinggi – guarana tidak dianjurkan untuk anak-anak atau wanita yang sedang hamil atau menyusui.