Be A Smart Buyer di Online Shop!

Loading...

berbelanja di online shopSaat ini banyak sekali produk yang dapat kita temukan dengan mudah di toko online. Hampir semua kebutuhan yang kita cari tersedia di sana.

Segala macam layanan serta kemudahan waktu dan biaya menjadi salah satu alasan terbesar dalam membeli barang secara online.

Akan tetapi, belanja secara online memiliki banyak sekali resiko karena kita tidak mengetahui secara persis siapa penjualnya dan dimana toko tersebut berada. Jadi kita perlu menjadi konsumen yang cerdas saat memutuskan untuk membeli suatu produk secara online.

Yuk kita belajar menjadi konsumen yang cerdas di online shop!

1. Jangan Tertipu Harga Murah

Pernah melihat produk incaran Anda ditawarkan dengan harga setengah dari harga yang beredar di pasaran? Bila ya, Anda perlu berhati-hati. Banyak sekali penipuan yang berkedok harga murah.

Pada umumnya harga yang ditawarkan sangat murah, tidak masuk akal dan disertai embel-embel cuci gudang, sale, dan sebagainya. Jadi bila Anda menemukan keadaan seperti ini, sebaiknya Anda urungkan niat belanja Anda. Biasanya produk yang dijual dengan harga murah dan mengandung resiko penipuan paling besar adalah handphone.

READ:  4 Tujuan Shopping Terbaik di Dunia!

Ada pula produk perawatan wajah yang dijual dengan harga murah tetapi beresiko karena mengandung bahan berbahaya seperti mercury dan hydriquinon. Jangan membeli barang hanya karena harganya murah tetapi pedulikan  juga kesehatan Anda.

2. Asli atau Palsu?

Banyak sekali barang palsu atau imitasi yang bertebaran di online shop. Sebagai konsumen, kita harus pandai melihat banyak kecurangan yang dapat merugikan materi atau fisik kita. Sebagai contohnya adalah krim pemutih wajah berharga mahal yang biasa kita lihat di tivi bisa dijual dengan harga murah di online shop.

Tidak semua seller melakukan kecurangan dengan menjual produk palsu tetapi kita sebagai konsumen harus mampu membedakan mana produk asli dan palsu sehingga tidak akan kecewa.

3. Beli dari Distributor Resmi yang Bergaransi dan Memiliki Sertifikat

Bagi beberapa produk dengan harga yang tinggi dan kualitas terjamin, mereka memiliki satu alamat website khusus yang melayani pembelian secara online untuk menghindari konsumen membeli produk palsu atau bahkan mengalami penipuan.

READ:  8 Tips Aman Transaksi Belanja Online

Jika Anda berniat membeli produk dengan harga mahal dan kualitas tinggi, belilah secara langsung di alamat website yang ditunjuk sehingga dapat menghindari resiko tersebut.

4. Lihat Cara Berjualannya

Bila Anda membeli barang di online shop yang terorganisir dalam satu web khusus dimana terdapat administrator yang bertugas mengawasi transaksi termasuk uang yang Anda kirim dan barang yang seharusnya Anda dapatkan, maka Anda boleh merasa yakin.

Online shop seperti itu bekerja dengan sistem tracking dengan nomor ekspedisi yang bisa dilacak dan uang Anda bisa dikembalikan bila barang yang Anda beli tidak sampai ke tempat Anda.

5. Testimonial

Umumnya para seller di toko online menyertakan testimonial para konsumen mereka untuk meyakinkan calon konsumen lain tentang keamanan berbelanja di online shop mereka. Lihatlah testimonial mereka tapi tetap jangan menaruh percaya terlalu cepat karena bisa saja mereka sendiri yang sengaja membuat testimonial tersebut.

6.  Utamakan Cash on Delivery

Bagi Anda yang berniat membeli suatu barang dengan harga yang cukup mahal, lebih bijaksana Anda mencari penjual yang bersedia melakukan Cash On Delivery dengan Anda.

READ:  Bagaimana Mengatasi Dilema Saat Akan Membeli Barang Sale

Cash on Delivery adalah salah satu metode jual beli dimana Anda dan penjual barang melakukan kesepakatan bertemu di tempat dan waktu tertentu untuk bertransaksi secara langsung sehingga barang terjamin akan sampai di tangan Anda.

**

Sekian tips menjadi pembeli yang cerdas di online shop. Menjadi pembeli yang cerdas adalah suatu keharusan untuk menghindari resiko kerugian yang ada. Happy shopping!

(foto: gemesis.com)