7 Tips Penting agar Menjadi Personal Assistant yang Professional

Loading...

Menjadi Personal Assistant yang ProfessionalPersonal Assistant atau Asisten Pribadi bagi seorang direktur adalah orang yang sangat dipercaya untuk mengurus urusan pekerjaan dan bahkan urusan pribadi mereka.

Menjadi seorang Personal Assistant memilki banyak sekali tantangan dan menuntut fleksibilitas serta kecepatan dalam bekerja.

Bagi Anda yang tertarik menjadi seorang Personal Assistant atau PA, ada beberapa tips yang bisa Anda pelajari, yaitu :

1. Datang Lebih Awal, Pulang Lebih Akhir

Bagi seorang PA, penting bagi Anda untuk datang lebih awal untuk mempersiapkan kebutuhan bos Anda. Baik itu jadwal kerjanya, janji meetingnya dengan orang lain atau sekadar merapikan map yang bertumpuk di atas meja kerjanya. Pastikan keadaan meja bos Anda sudah rapi dan segala informasi yang dia butuhkan dalam satu hari sudah berada di tempatnya.

Pulang lebih akhir juga perlu Anda terapkan untuk menuntaskan pekerjaan bos Anda yang masih dipending. Pastikan kerjaan pada hari itu selesai dan tidak tertunda.

2. Lebih Cepat Lebih Baik

Semua bos menyukai karyawan yang dapat bekerja dengan cepat, apalagi Anda sebagai orang kepercayaan bos. Anda harus pintar-pintar menyiasati waktu dan menyelesaikan pekerjaan Anda secepat mungkin.

READ:  4 Cara Menjalin Hubungan Baik Dengan Rekan Kerja di Kantor

Fokuslah pada pekerjaan Anda, buat daftar, tentukan mana yang harus lebih dulu dikerjakan dan selesaikan. Jangan menunda pekerjaan Anda.

3.  Jadilah Sosok yang Berwibawa

Seorang personal Assistant harus bisa memberikan kesan yang berbeda dari karyawan lain. Ketahuilah bahwa Anda salah satu ujung tombak dari perusahaan Anda.

Ketahuilah bahwa dengan menjadi seorang PA, Anda akan berhadapan dengan banyak orang dengan banyak karakteristik. Wibawa Anda akan membuat Anda jauh lebih mudah mengatasi orang lain.

4.  Kenali dan Pahami Bos Anda

Tipikal setiap bos berbeda-beda dan Anda sebagai PA tidak bisa memilih siapa bos Anda. Yang bisa Anda lakukan adalah membaca situasi dan kondisi dan menyesuaikan diri.

Mampu menyesuaikan diri dan berkomunikasi dengan baik dengan bos Anda adalah salah satu pencapaian terbaik bagi seorang PA. Menjalin hubungan baik dengan bos sangatlah sulit. Cara terbaik adalah dengan mengalahkan ego Anda dan mengutamakan kepuasan hati bos Anda.

5.  Fleksibel

Misalnya saja tiba-tiba Anda mendapat tugas untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan di luar negeri, Anda harus siap sedia menjalankan misi tersebut. Menjadi seorang PA Anda dituntut untuk menerima semua jenis pekerjaan yang dibebankan kepada Anda. Semakin Anda fleksibel, maka semakin besar nilai Anda di mata pimpinan.

READ:  5 Tips Bekerja di Luar Negeri

6. Perhatikan Penampilan Anda

Seorang Personal Assistant adalah satu dari bagian perusahaan yang diperhatikan oleh masyarakat luar dan relasi dari luar perusahaan. Oleh sebab itu Anda dituntut untuk selalu berpenampilan yang rapi karena penampilan Anda mempengaruhi penilaian orang lain tentang perusahaan Anda. Semakin baik penampilan Anda, semakin baik citra perusahaan Anda di mata orang lain.

7. Perluas Jaringan

Setiap kali Anda berkenalan dengan relasi baru dari perusahaan sahabat atau mitra kerja, usahakan Anda menyimpan kartu nama mereka atau kontak mereka untuk kepentingan bisnis di masa yang akan datang. Selalu berhubungan dengan baik dan berkomunikasi dengan  mitra dan klien juga sangatlah penting untuk menjaga keharmonisan bisnis.

**

Sekian tips menjadi Personal Assistant yang profesional. Semoga membantu.