Ini Dia Manfaat Hebat dari Blueberry

Loading...

Manfaat BlueberryBuah kecil berwarna biru ini sangat menggoda untuk dicicipi dan merupakan bagian dari keluarga berries.

Blueberry ternyata memiliki banyak manfaat, meskipun hanya dimakan dalam porsi kecil. Manfaat sehat buah blueberry bisa meningkatkan kemampuan otak sampai mencegah kanker.

Ada banyak alasan untuk menikmati Blueberry demi mendapatkan manfaatnya, dilansir dari Fitnea:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menurut suatu studi, Blueberry memiliki lebih banyak anti oksidan segara atau buah-buahan lainnya. antioksidan ini memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan cara menetralisir radikal bebas, seperti pestisida, racun dan asap kendaraan. Antioksidan ini berasal dari pigmen biru pada Blueberry.

2. Stimulator Otak

Sedikit Blueberry kering untuk camilan membuat kemampuan otak bisa bekerja lebih keras dan cerdas. Suatu studi menunjukkan blueberry memperlambat proses kepikunan karena usia karena mengandung flavonoid.

3. Nutrisi Kulit

Kulit Anda akan lebih segar dengan blueberry. Campurkan dua sendok teh blueberry ke dalam 2 cangkir gula dan 3 sendok makan jus lemon. Aplikasikan pada kulit Anda. Antioksidan dalam blueberry mampu melembutkan kulit, jus lemon mencerahkan kulit, sementara gula mengelupas kulit mati.

READ:  Mengenal Hiperemesis Gravidarum

4. Penglihatan yang lebih baik

Mengonsumsi dua porsi kecil blueberry setiap hari dapat menurunkan resiko degenerasi makula karena bertambahnya usia, penyebab umum kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang semakin menua, sekitar 38 persen.

5. Jantung sehat

Makan lima porsi atau lebih blueberry setiap minggu dapat membantu mengurangi resiko serangan jantung pada wanita. Blueberry mengandung senyawa yang membantu memperlancar arteri dengan mengurai penumpukan plak yang menjadi penyebab umum serangnya jantung.

6. Menurunkan kadar gula darah

Salah satu buah yang memiliki glikemik renda sehingga mampu mengatur kadar gula darah, bahkan pada orang yang sudah didiagnosis terkena diabetes. Mengonsumsi setidaknya lima porsi buah blueberry setiap hari, maka Anda akan melihat hasilnya dalam dua  bulan.

7. Pencegah kanker

Anthocyanin memberikan warna biru pada blueberry yang mana zat ini mengontrol radikal bebas dan dapat melawan pertumbuhan sel tumor. Yang perlu Anda lakukan hanya makan sepotong kue atau setengah cangkir blueberry setiap hari.

8. Merawat kandung kemih

Blueberry seperti cranberry yang mengandung senyawa kecil yang mencegah dinding lambung diinfeksi oleh bakter. Blueberryy membantu menyingkirkan infeksi saluran kencing. Jika Anda mengalami infeksi saluran kencing, Anda perlu blueberry sebagai nutrisi harian.

READ:  Cara Mengecek Kanker Kulit di Tubuh Anda

9. Menghilangkan lemak di perut

Blueberry memecah lemak di perut dan mengurangi faktor resiko sindrom metabolik. Secangkir penuh blueberry hanya mengandung 110 kalori. Tak perlu takut gemuk jika memakan buah ini.

10. Memerangi Sembelit

Secangkir penuh blueberry mengandung sekitar empat gram serat atau lebih dari 14 persen serat yang direkomendasikan per hari. Serat blueberry menyerap cairan sebanyak 11 sampai 16 kali berat blueberry itu sendiri ke dalam usus sehingga meningkatkan gerak peristaltik usus. Kerja usus menjadi semakin baik.

11. Kesehatan tulang

Blueberry mengandung kadar mangan yang tinggi yang memainkan peran penting dalam perkembangan tulang. Ini menjadikannya sangat cocok dijadikan makanan untuk anak-anak yang sedang masa pertumbuhan. Anak Anda akan memiliki massa tulang yang lebih padat ketimbang temannya yang tidak menyantap blueberry.

***

Demikianlah manfaat blueberry bagi kesehatan dan kualitas hidup kita. Semoga Anda sekeluarga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.

(foto: ablueberryinn.com)