6 Khasiat Sehat Minum Susu Kedelai

Loading...

susu-kedelaiBanyak orang minum susu kedelai setiap hari sebagai bagian dari makanan normal mereka.

Untuk beberapa individu, pilihan minuman ini adalah salah satu yang diperlukan karena kondisi kesehatan yang sudah ada yang menyebabkan masalah pencernaan.

Bagi yang lain, pilihan mungkin didasarkan pada keinginan untuk makan makanan yang sehat atau mungkin menjadi pilihan berdasarkan gaya hidup mereka.

Susu kedelai, yang terbuat dari perendaman, penggilingan dan perebusan kacang kedelai dengan air, adalah minuman yang sangat bergizi. Kedelai secara alami kaya asam lemak esensial, protein, serat, vitamin dan mineral. Nutrisi ini menyediakan energi dan menjaga tubuh Anda berfungsi pada tingkat optimal.

Berikut adalah enam manfaat kesehatan paling penting yang dapat Anda peroleh dari minum susu kedelai, dilansir dari Fitday.com:

1. Meningkatkan Lipid

Atribut yang paling penting dari susu kedelai adalah kemampuannya untuk meningkatkan profil lipid darah Anda. Tidak seperti susu sapi, yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol, lemak susu kedelai sebagian besar tak jenuh dengan nol kolesterol. Asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dalam kedelai dapat menghambat pengangkutan kolesterol ke dalam aliran darah Anda.

READ:  5 Gejala PMS yang Terjadi Sebelum Menstruasi

Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan rutin kedelai secara signifikan dapat menurunkan konsentrasi trigliserida dalam darah dan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Efek gabungan ini menjadikan susu kedelai minuman yang ideal, jika Anda memiliki kolesterol tinggi atau riwayat keluarga penyakit jantung koroner.

2. Memperkuat Integritas Pembuluh Darah

Asam lemak omega-3 dan omega-6 sama kuatnya dengan antioksidan foto- dalam kedelai, yang dapat secara efektif melindungi pembuluh darah dari luka dan perdarahan. Senyawa ini mengikat pada lapisan pembuluh darah dan mempertahankan sel-sel lapisan Anda dari serangan radikal bebas dan kolesterol.

Pengikatan nutrisi juga meningkatkan fluiditas dan fleksibilitas pembuluh darah Anda sehingga mereka jauh lebih tahan terhadap perubahan tekanan darah.

3. Mempromosikan Penurunan Berat Badan

Susu kedelai secara alami memiliki kadar gula lebih rendah dibanding susu biasa. Susu sapi memiliki sekitar 12 gram gula per cangkir, sedangkan susu kedelai hanya sekitar 7 gram. Inilah sebabnya mengapa secangkir susu kedelai hanya memiliki 80 kalori, yang setara dengan susu skim.

READ:  Nutrisi dan Khasiat Susu Kedelai bagi Kesehatan Wanita

Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu kedelai dapat menghambat penyerapan usus lemak Anda, yang merupakan keuntungan besar lain untuk menurunkan berat badan. Minum susu kedelai juga memberikan dosis serat ekstra, menjaga perasaan kenyang untuk waktu lebih lama.

4. Mencegah Kanker Prostat

Susu kedelai merupakan sumber yang kaya fitoestrogen, hormon tanaman unik yang dapat menghambat produksi testosteron pada pria. Kadar testosteron berkurang secara signifikan dapat mengurangi risiko kanker prostat. Penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang mengkonsumsi makanan kaya kedelai cenderung untuk mengembangkan prostate hypertrophyt atau kanker prostat.

5. Mencegah Sindrom Postmenopause

Selama menopause, produksi estrogen alami seorang wanita turun ke minimum. Penurunan estrogen tiba-tiba menciptakan sejumlah masalah kesehatan bagi wanita menopause.

Wanita postmenopause memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Mereka juga lebih rentan terhadap depresi, perubahan suasana hati, insomnia dan gangguan psikologis lainnya. Fitoestrogen dalam kedelai adalah pengganti estrogen yang efektif. Asupan kedelai secara teratur dapat membantu mencegah dan mengurangi sindrom menopause.

READ:  Berbagai Khasiat Susu Kedelai

6. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang berkaitan dengan hormon dan usia. Fitoestrogen dalam kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, pastikan untuk membeli susu kedelai yang diperkaya dengan ekstra kalsium dan vitamin D.