Tips Bagi Para Orang Tua untuk Meningkatkan Prestasi Akademik Anak

Loading...

Meningkatkan Prestasi Akademik AnakDear parents, kerapkali Anda dipusingkan dengan urusan akademik Anak Anda.

Memang, setiap anak dilahirkan istimewa dan berbeda satu dengan yang lainnya. Namun, anak perlu belajar dengan tekun agar nilai akademik mereka di sekolah tetap baik.

Bagi Anda para orang tua yang memiliki Anak dengan masalah akademik di sekolah, berikut adalah tips meningkatkan prestasi akademik anak untuk Anda:

1. Beri Waktu Lebih

Seringkali Anda sebagai orang tua disibukkan oleh pekerjaan kantor atau pekerjaan rumah. Anda memercayakan sepenuhnya masalah akademik anak Anda pada guru mereka di sekolah. Bahkan Anda sering lupa membantu Anak Anda mengerjakan PR mereka.

Aturlah waktu Anda dengan lebih baik, misalnya jam 7 malam setelah makan malam selesai, temani anak Anda belajar di kamar sampai selesai barulah Anda mencuci piring. Ingatlah bahwa anak butuh perhatian Anda dan mereka akan sangat senang bila ditemani belajar.

2. Beri Penyemangat dan Penghargaan

Semua anak akan lebih senang belajar bila mereka memiliki alat tulis dengan tokoh kartun favorit mereka. Semua anak senang mendapat penghargaan atas usaha mereka. Tapi jangan menjanjikan anak Anda sesuatu karena akan membuat anak kecewa bila tidak mendapatkannya.

READ:  Memahami Cara Belajar Anak Berdasarkan Kecerdasan Majemuk

Biarkan mereka berusaha di kelas dan bila mereka berhasil mendapatkan nilai yang baik, berilah mereka hadiah yang dapat menambah kerajinan mereka di sekolah, misal saja tempat minum baru, tempat pensil baru atau tas sekolah baru.

3.  Atur Waktu Anak

Bagaimanapun, Anda perlu menyusun jadwal anak Anda agar mereka menjalani aktivitas dengan seimbang dan bermanfaat. Kurangi waktu bermain mereka, pastikan mereka mengerjakan PR dan tidur tepat waktu.

Jangan biarkan Anak terlalu lama bermain atau menonton TV karena kebiasaan tersebut akan membuat anak kehabisan tenaga sehingga saat belajar mereka akan lelah dan mengantuk.

4.  Kerjasama dengan Sosok Ayah

Anak tidak hanya membutuhkan sosok Ibu dalam perkembangan hidupnya tetapi mereka juga membutuhkan sosok Ayah. Bagilah tugas dengan suami Anda tentang membantu proses belajar anak.

Misalnya saja meminta Ayah bergantian untuk membantu anak mengerjakan PR atau meminta Ayah mengajak anak jalan-jalan ke toko buku dan membeli buku cerita kesukaannya.

5.  Komunikasi dengan Guru

Guru adalah pengganti orangtua di sekolah sehingga guru dan para orangtua perlu berkomunikasi agar keadaan si anak selalu terpantau. Bila prestasi anak menurun, guru perlu memberi informasi kepada orang tua agar orang tua menyelidiki penyebab dibalik menurunnya prestasi anak mereka.

READ:  8 Tips Ampuh Mempertahankan Rasa Cinta Pada Pasangan

6. Minta Bantuan Guru Private

Bila usaha Anda dalam memperbaiki nilai akademik anak Anda masih belum membuahkan hasil karena Anda tidak punya cukup waktu bagi mereka dan Anda terlalu capek setelah bekerja, mungkin Anda memerlukan bantuan tenaga guru private yang bisa secara fokus membantu anak Anda memahami pelajaran mereka di kelas.

Ingatlah bahwa setiap anak memerlukan pendekatan yang berbeda, carilah guru private yang tidak hanya membangun hubungan secara profesional tetapi juga emosional dengan anak Anda.

7. Cintai, Terima dan Terus Berusaha

Apabila segala daya upaya telah Anda lakukan tidak membuahkan hasil, tetaplah optimis dan dukung anak Anda. Sebagian anak mungkin tidak akan berprestasi di akademik mereka, tetapi mereka bisa saja memiliki bakat di bidang seni atau olahraga. Tutupilah kekurangan anak Anda tersebut dengan bakat lain yang mereka miliki.

(foto: m.smartparenting.com.ph)