Inilah 10 Jenis Phobia Teraneh di Dunia!

Loading...

Phobia Teraneh di DuniaPhobia adalah ketakutan berlebih yang disebabkan oleh satu atau lebih pemicu, kebanyakan dihasilkan oleh efek trauma namun sebagian terjadi tanpa penyebab yang pasti.

Pada umumnya manusia akan secara alamiah merasa phobia atau takut dengan sesuatu yang dapat melukai atau membahayakan mereka.

Tahukah Anda bahwa banyak sekali phobia yang aneh dan tidak masuk akal yang terjadi pada sebagian kecil populasi manusia di bumi? Atau mungkin Anda sendiri memiliki phobia aneh yang tidak wajar?

Yuk kita ketahui 10 jenis phobia aneh di dunia berikut ini:

1. Heliophobia

Heliophobia adalah jenis ketakutan yang berlebihan terhadap sinar matahari. Orang yang menderita phobia aneh ini akan sangat tidak nyaman keluar di siang hari dan memilih untuk terus bersembunyi di dalam rumah mereka. Penderita heliophobia memiliki ancaman terserang defesiensi vitamin D karena tidak pernah terkena sinar matahari.

2. Somniphobia

Somniphobia adalah sebutan jenis phobia yang ditandai oleh rasa takut yang luar biasa saat ingin tidur. Orang yang menderita phobia seperti ini akan sangat tidak nyaman, berusaha untuk tidak tertidur dan mengalami kesulitan tidur yang parah karena beberapa alasan antara lain: takut tidak bangun kembali saat tertidur dan mengalami mimpi yang sangat buruk yang seringkali berulang.

READ:  Trypophobia, Jenis Phobia pada Lubang

3. Haphephobia

Pernahkah Anda merasa ketakutan dan tidak nyaman ketika seseorang menyentuh Anda? Jika Ya, mungkin Anda menderita haphephobia. Haphephobia adalah rasa takut berlebih dengan sentuhan sehingga saat Anda disentuh oleh orang lain, Anda merasa sangat terganggu dan ingin sekali marah.

4. Coulrophobia

Apakah Anak Anda tertawa atau justru menangis ketakutan saat melihat sosok badut? Bagi sebagian Anak, sosok badut sangatlah lucu dan menghibur tetapi bagi Anak yang menderita Coulrophobia, mereka memiliki rasa takut terhadap badut. Dalam benak mereka, sosok badut adalah sosok yang menyeramkan, aneh, menakutkan dan ingin mencelakai mereka.

5.  Ablutophobia

Jika Anda jarang mandi karena Anda merasa sangat tidak nyaman saat berada di dalam benda cair tersebut, bisa jadi Anda menderita ablutophobia. Kelainan ini adalah bentuk dari phobia yang mengindikasikan seseorang merasa terganggu bila menyentuh air.

6. Decidophobia

Bagi sebagian kecil orang, mengambil keputusan adalah sesuatu yang sangat menakutkan. Mereka takut menghadapi resiko yang akan terjadi setelah mereka mengambil suatu keputusan sehingga membuat mereka stres bahkan depresi. Mereka yang mengalami kecemasan dan  rasa takut berlebih saat harus mengambil suatu keputusan menderita suatu kelainan yang disebut decidophobia.

READ:  Black Ivory, Kopi Yang Berasal Dari Kotoran Gajah

7. Phagophobia

Merasa sesak dan sulit menelan makanan Anda? Seperti ingin mengeluarkannya kembali dan tidak ingin memasukkan apapun ke tenggorokan Anda? Mungkin Anda menderita phagophobia yakni ketakutan berlebih saat menelan. Phobia jenis ini tergolong berbahaya karena dapat membuat Anda kehilangan berat badan dan kekurangan gizi.

8. Trypophobia

Tryphophobia adalah satu jenis phobia dimana seseorang merasakan adanya rasa tidak nyaman saat melihat gambar lubang atau lingkaran dalam jumlah banyak. Umumnya mereka merasa merinding, gatal atau bahkan nyeri dan ngilu saat melihat gambar lubang yang sangat banyak.

9. Chlonophobia

Chlonophobia adalah suatu jenis phobia dimana sang penderita takut dengan salju. Mereka sangat tidak nyaman dengan suasana dingin di luar rumah. Mereka lebih memilih tinggal di daerah yang bersuhu panas dibandingkan dengan daerah bersuhu dingin. Bagi mereka akan sangat mengesalkan saat musim salju turun dan mereka cenderung mengurung diri di rumah dan duduk di depan perapian.

10. Chrometophobia

Mungkin inilah jenis phobia paling aneh yang pernah ada, chrometophobia. Ini adalah satu keadaan dimana seseorang merasa tidak nyaman memiliki uang. Mereka khawatir uang yang mereka miliki membawa mereka kepada kesombongan, keserakahan, kebencian dan kehancuran. Orang yang memiliki phobia seperti ini tidak ingin menjadi kaya, mereka hanya ingin hidup sederhana.