Kenali Manfaat dari 8 Bumbu Dapur Ini!

Loading...

manfaat bumbu dapurBagi Anda para wanita yang hobi memasak, pasti Anda sangat mengenal beberapa bumbu dapur yang sering digunakan dalam beragam masakan yang Anda buat.

Bumbu dapur memiliki khasiat dan rasa yang berbeda-beda sehingga memberikan cita rasa istimewa di setiap masakan.

Nah, meskipun Anda seringkali menggunakan dan mengonsumsi bumbu dapur, apakah Anda juga mengetahui kandungan nutrisi dan khasiat dari masing-masing bumbu dapur tersebut?

Yuk ketahui manfaat dari 8 jenis bumbu dapur di bawah ini!

1. Bawang Merah

Bawang Merah adalah tanaman jenis umbian berlapis-lapis yang memiliki akar serabut. Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara dan digunakan dihampir seluruh masakan Nusantara.

Selain memberikan rasa gurih pada makanan, bawang merah juga memiliki kandungan manfaat yang sangat banyak. Bawang merah mengandung vitamin C, fosfor, protein dan flavonglikosida yaitu zat anti radang, pembunuh bakteri dan zat alami penurun panas.

2. Bawang Putih

Selain bawang merah, bawang putih juga merupakan primadona bagi semua jenis makasan Nusantara. Bawang putih memberikan aroma yang harum pada masakan.

READ:  8 Bumbu Dapur Mujarab Atasi Penyakit

Bawang putih kaya sekali akan kandungan seperti kalsium, zat besi dan fosfor. Bawang putih memiliki khasiat: mengurangi tekanan darah, mengurangi resiko diabetes dan bahkan mencegah kanker.

3. Lada

Lada atau yang disebut juga merica memberi sentuhan pedas dan hangat pada ramuan masakan Anda sehingga membuat Lada seringkali digunakan sebagai pengganti cabai.

Tumbuhan berukuran kecil ini mengandung senyawa alkaloid piper yang berfungsi sebagai zat anti oksidan dan peningkat sistem kekebalan tubuh.

4. Jahe

Jahe terkenal sebagai rempah dan bumbu dapur yang kaya akan khasiat. Tumbuhan ini berbentuk jemari dan gembung di bagian ruasnya.

Tidak hanya dijadikan bumbu masakan, jahe juga bisa diolah menjadi jamu yang baik untuk kesehatan. Jahe mengandung gingerol atau senyawa anti inflamasi yang bermanfaat untuk mengurangi resiko radang sendi, osteoarthritis dan rheumatid arthtitis.

5. Kunyit

Selain sebagai bumbu, kunyit juga sudah dipercaya sebagai bahan obat tradisional dan bahkan bahan alami perawatan tubuh wanita. Kunyit merupakan tumbuhan yang mengandung banyak unsur bermanfaat seperti : borneol, lemak, protein dan vitamin C.

READ:  Zeolit, Agen Detoksifikasi Tubuh Secara Alami

Kunyit berkhasiat untuk anti oksidan alami bagi tubuh, mempercepat generasi sel dan mencegah resiko terjadinya penyakit kanker.

6. Ketumbar

Tumbuhan ini memiliki bentuk yang menyerupai lada. Dalam masakan, ketumbar memberikan aroma yang lebih kuat dan menggugah selera.

Kandungan yang terdapat dalam ketumbar antara lain adalah cumin (membantu menghasilkan insulin dan menurunkan kadar gula darah), vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata dan asam linoleat (menurunkan kadar kolesterol dalam darah)

7. Cabai

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan cabai. Tumbuhan ini kaya akan nutrisi, mulai dari vitamin hingga kandungan anti oksidan yang sangat berkhasiat bagi kesehatan.

Cabai  mengandung vitamin C, vitamin A dan senyawa anti oksidan. Khasiat cabai bagi kesehatan adalah untuk mencegah terjadinya penyakit stroke, menurunkan kadar kolesterol dan  membantu mengatasi alergi.

8. Kemiri

Kemiri tidak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur tetapi juga sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Kemiri mengandung fosfor, zat besi, kalsium dan magnesium.

Bagi kesehatan, tumbuhan berwarna putih ini berkhasiat untuk mencegah serangan jantung, menurunkan kadar kolesterol dan membantu pembentukan antibodi.

READ:  3 Rempah Terbaik untuk Hidup Lebih Lama

**

Demikian manfaat rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Ternyata bumbu dapur yang kita gunakan dan konsumsi setiap hari memiliki banyak sekali manfaat sehingga makanan yang kita makan tidak hanya enak tetapi juga menyehatkan.